Rabu 11 Jul 2012 07:56 WIB

Belanja IT Diperkirakan Capai 3,6 Triliun Dolar AS

Super komputer Sequoia
Super komputer Sequoia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Perusahaan riset industri Gartner, Selasa, mengatakan bahwa pengeluaran seluruh dunia untuk teknologi informasi (TI) tahun ini diperkirakan mencapai 3,6 trilion dolar AS, meskipun ada kesulitan dalam ekonomi global.

Revisi perkiraan oleh proyek-proyek Gartner bahwa belanja TI akan sedikit lebih dari perkiraan sebelumnya, naik tiga persen dari penghitungan tahun sebelumnya.

"Sementara tantangan yang dihadapi pertumbuhan ekonomi global bertahan -- krisis zona euro, pemulihan AS lebih lemah, perlambatan di Cina -- prospek setidaknya stabil," kata wakil presiden riset Gartner, Richard Gordon.

"Sudah ada sedikit perubahan baik dalam kepercayaan bisnis atau sentimen konsumen pada kuartal terakhir, sehingga prospek jangka pendek adalah untuk terus hati-hati dalam belanja TI."

Investasi dalam menyimpan data atau layanan hosting komputer di Internet "redup" dan dalam peralatan telekomunikasi dan jasa ada titik terang dalam prospek pertumbuhan, menurut Gartner.

Perusahaan-perusahaan berada di jalur untuk menghabiskan total gabungan hampir 1,7 triliun dolar AS pada layanan telekomunikasi dan 377 miliar dolar AS pada peralatan telekomunikasi dalam apa yang akan mewakili kenaikan masing-masing sebesar 1,4 persen dan 10,8 persen, dari tahun sebelumnya.

Para peneliti memperkirakan pengeluaran untuk layanan publik untuk tumbuh dari 91 miliar dolar AS tahun lalu menjadi 207 miliar dolar AS pada 2016.

"Proses bisnis sebagai sebuah layanan masih menyumbang sebagian besar pengeluaran oleh perusahaan, tetapi wilayah lain seperti platform sebagai layanan, perangkat lunak sebagai layanan dan infrastruktur sebagai layanan tumbuh lebih cepat," Gordon mengatakan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement