Senin 26 Sep 2011 18:14 WIB

Hingga 2014, iPad akan Dominasi Pasar Tablet

Penjualan iPad 2 dimulai di Cina bulan lalu.
Foto: www.bbc.co.uk
Penjualan iPad 2 dimulai di Cina bulan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tablet Apple iPad diprediksi akan tetap mendominasi pasar tablet dalam beberapa tahun-tahun mendatang, menurut analis Gartner seperti dikutip Telegraph.

Menurut laporan khusus Gartner, supremasi Apple di pasar tablet tak tertandingi sepanjang 2011. Jumlah penjualan iPad di seluruh dunia dihitung mencapai 73,4 persen diikuti tablet Android dengan 17,3 persen. Penjualan Apple diperkirakan turun sedikit dibanding tahun lalu, ketika iPad menguasai 83 persen pasar.

Gartner tidak melihat platform lain yang memiliki saham lebih dari 5 persen pada 2011. "Kami melihat Apple akan mempertahankan dominasinya dengan 50 persen di pangsa pasar hingga 2014," kata Carolina Milanesi, wakil presiden penelitian di Gartner.

"Hal ini dikarenakan Apple sukses memberikan pengalaman perangkat lunak, perangkat keras dan layanan yang terpadu dan terdepan di mata pelanggan," katanya.

Milanesi menjelaskan pertumbuhan Apple akan terhambat jika para pesaing berhasil merespon pasar dengan pendekatan yang sama.

"Apple memiliki rencana untuk membuat pasar ini (tablet) dan melakukannya sesuai rencana selama pasokan komponen seperti memori dan layar lancat," katanya.

"Hal ini memungkinkan Apple menghadirkan iPad dengan harga murah dan model, penyimpanan dan pilihan konektivitas yang berbeda," katanya. Survei itu juga melaporkan pemilik iPad lebih sering merogoh kocek untuk membeli sebuah aplikasi dibanding penggguna Android.

sumber : antara,telegraph
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement