Ahad 05 Feb 2012 13:32 WIB

Tablet Diprediksi Jadi Tren 2012

Rep: yulianingsih/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- PC Tablet diprediksikan akan menjadi sarana tehnologi informasi yang ngetren tahun 2012 ini. Meski penjualan PC Tablet di tahun 2011 belum tumbuh dengan baik seperti halnya notebook namun tahun ini penjualan PC Tablet diprediksikan akan terdongkrak dengan baik.

Menurut Ketua Assosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) DIY, Hadi Santono, market Notebook/Netbook akan semakin tergerus oleh Tablet PC di tahun 2012. Jika tahun lalu tablet PC meraih angka penjualan 8 persen dari market Notebook/Netbook, tahun 2012 diperkirakan akan mencapai 15 persen.

"Sebuah angka kenaikan yang luar biasa. Dan ini memang banyak yang memprediksikannya, PC Tablet akan menjadi trend tahun ini," tandasnya.

Beberapa faktor pendukung kenaikan market Tablet PC menurutnya antara lain, perkembangan teknologi komputasi awan (cloud computing) dan masuknya pemain besar dunia ke dalam teknologi ini.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya pasar teknologi komputasi awan ini didominasi oleh Apple dan Android, tahun 2012 ini Microsoft akan menggebrak pasar dengan Windows 8 untuk Tablet PC yang sepenuhnya bekerja dengan teknologi komputasi awan.

Masuknya pemain besar seperti Microsoft ini akan semakin meramaikan market PC Tablet.Di DIY sendiri kata dia, APKOMINDO menggelar pameran komputer kembali tahun 2012 ini melalui Pameran APKOM NEW YEAR EXPO 2012 di Jogja Expo Center ( JEC), (4-8/2).

Melalui ajang ini APKOMINDO akan mengenalkan PC Tablet terbaru dan berbagai macam produk serupa kepada masyarakat.

"Selain itu juga ada gadget-gadget baru yang memanfaatkan teknologi komputasi awan. Karena tahun ini eranya tehnologi komputasi awan," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement