Selasa 31 Aug 2010 04:18 WIB

Upgrade Jaringan Nasional, SK Telecom Gandeng Alcatel-Lucent

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Merespon pertumbuhan pengguna layanan data berkecepatan tinggi, SK Telecom melakukan up grade jaringan secara nasional data nirkabel. SK Telecom menggandeng Alcatel Lucent dengan mengimplementasikan paket solusi transport optik.

Pengguna smartphone di Korea Selatan mengalami peningkatan yang signifikan, demikian pula dengan penggunaan internet mobile. Hal ini, tentu saja, mendorong operator melakuka  peningkatan kapasitas sekaligus kualitas agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga.

“Dengan inovasi kami di bidang transport optik dan solusi jaringan nirkabel, kami memiliki komitmen untuk mendukung pelanggan Korea kami dengan evolusi  tanpa hambatan menuju era LTE,” kata President Alcatel-Lucent Asia Pasifik, Rajeev Sing-Molares

Untuk mendukung up grade, Alcatel-Lucent menawarkan jaringan backhaul yang baru. Ia diklaim akan memainkan peran yang signifikan dalam mendukung lalu lintas berkapasitas tinggi para pelanggannya  sambil juga menawarkan layanan berbasis QoS (quality of service). ''Solusi backhaul mobile Alcatel-Lucent akan membantu SK Telecom meningkatkan kapasitas jaringannya untuk penyampaian WiFi dan layanan WiBro. Bahkan juga akan mendukung lalu lintas WCDMA dan memberikan fondasi yang solid bagi masa depan layanan berbasis Long Term Evolution SK Telecom,'' kata Rajeev.

Paket solusi transport optik Alcatel-Lucent didasarkan pada transport Service Switch (TSS) 1850 yang dikelola oleh Optical Management Suite 1350 (OMS). Dengan T-MPLS/MPLS-TP*, TSS 1850 Alcatel-Lucent memberikan jalur evolusi yang anggun/baik menuju backhaul paket untuk mensupport seluruh generasi mobile mulai dari 2G/3G hingga 4G berbasis LTE. Para service provider besar dunia, termasuk BT, China Mobile dan NTT DoCoMo telah memilih solusi ini untuk backhaul mobile dan transport jaringan mereka.

MPLS-TP adalah optimalisasi teknologi untuk paket transport tapi tidak hanya terbatas pada itu saja; ia menawarkan sebuah jalur evolusi dari jaringan berbasis SONET/SDH ke jaringan paket transport. Ia memungkinkan terjadinya konvergensi antara transport dan servis router, jadi, ia memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang dibutuhkan oleh Ethernet dan IP service, sementara juga menjaga kemampuan pengelolaan, ketahanan, kinerja deterministic dan fitur-fitur OAM dari transport jaringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement