Kamis 08 Nov 2012 08:23 WIB

MetroCell, BTS Portabel yang Mendukung Layanan LTE

Light Radio Metro Cell Alcatel Lucent
Light Radio Metro Cell Alcatel Lucent

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Base transceiver station (BTS) tak harus besar, seperti yang ada sekarang ini.Alcatel Lucent mengembangkan lightRadio 3G Metro Cells BTS yang simpel namun mampu mendukung teknologi terkini seperti long term evolution (LTE) atau 4G.

Inovasi terbaru Alcatel Lucent, tengah dilakukan ujicoba di Australia. Perangkat ini akan dipasang untuk mendukung penyelenggaraan Melbourne Cup 2012. Alcatel Lucent menggandeng operator setempat, Telsra. Acara ini diperkirakan akan dihadiri 100 ribu pengunjung setiap hari.

Metro Cell diharapkan Max Jennings, Direktur Telstra untuk Wireless Network Engineering, mampu menghadirkan kualitas jaringan yang setara dengan jaringan internet di rumah. ''Ketika perhatian seluruh dunia ditujukan ke karnaval, kami ingin memberikan para pengunjung tingkat konektifitas dan akses ke status, data dan video yang sama seperti yang didapatkan para pemirsa di rumah yang menyaksikan acara ini di televisi,'' katanya.

Metro cells adalah BTS mini yang dapat digelar dengan mudah di area-area publik yang sibuk, untuk meningkatkan jangkauan dan kapasitas jaringa nirkanel.Teknologi lightRadio juga mendukung berbagai teknologi nirkabel, standar, 3G HSPA dan 4G LTE.

Bekerja pada jaringan 2100 Mhz, perangkat ini akan dipasang di tiang-tiang lampu yang ada di arena pacuan kuda Melbourne. Bentuknya yang portabel, memungkinkan peranti ini dirakit dengan cepat.

Sean O'Halloran, Presiden dan Direktur Pelaksana Alcatel-Lucent Australia  menyebut lighRadio Metro Cells sebagai produk inovatif, berkapasitas tinggi dengan konsumsi daya rendah. '' Ini akan memberikan kami kemampuan unik untuk meningkatkan jangkauan bagi Telstra di area bertrafik tinggi tanpa harus membangun infrastruktur yang mengganggu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement