Sabtu 25 May 2024 23:08 WIB

9 Pilar Cahaya Misterius Muncul di Langit Jepang, Fenomena Apa Itu?

Fenomena ini rupanya disebut sebagai isaribi kochu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Fenomena langit misterius berupa 9 pilar cahaya muncul di Jepang.
Foto: Dok. X/@alilmoonn
Fenomena langit misterius berupa 9 pilar cahaya muncul di Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Pada awal bulan ini, foto menakjubkan yang menunjukkan sembilan garis atau pilar cahaya di langit malam Jepang menjadi viral. Foto-foto tersebut diambil di atas langit kota pesisir Daisen di prefektur Tottori, Jepang.

Dilansir Somoy News TV pada Jumat (24/5/2024), alam sering kali penuh dengan kejadian magis yang membuat seseorang percaya pada hal supernatural atau makhluk luar angkasa. Orang yang mengambil foto pertama, Maashii mengatakan kepada situs Jepang Hint-Pot bahwa dia hanya melihat fenomena mistis ini tiga atau empat kali, sejak pindah ke Daisen sembilan tahun lalu. Ketika dia melihat mereka pada pukul 22.00 waktu setempat tanggal 11 Mei 2024, dia segera mengeluarkan ponselnya dan mengambil beberapa gambar, seperti dilaporkan News 18.

Baca Juga

Ketika foto-foto ini mendapatkan ribuan likes dan mulai beredar di platform media sosial, ada banyak orang berspekulasi bahwa cahaya tersebut adalah tanda-tanda alien, penampakan malaikat, atau sinyal bahwa kekuatan luar bumi mungkin akan menyerang Bumi. Banyak orang juga bercanda bahwa tampaknya beberapa serial manga fiksi ilmiah akan menjadi kenyataan.

Namun, kenyataan di balik cahaya ini tidak kalah menakjubkan dengan teori konspirasi. Menurut artikel tahun 2015 di Japan Today, ada banyak kota pesisir di Jepang yang mengalami kemunculan “pilar cahaya” serupa. Hal ini terjadi ketika suhu pada malam hari turun dan uap air di udara membentuk garis kristal es.

 

Pada kesempatan yang sangat jarang terjadi, kondisi cuaca sedemikian rupa sehingga kristal terbentuk tetapi tidak terjadi curah hujan. Akibatnya, kristal-kristal tersebut melayang di udara. Cahaya dari kapal pengangkut menghantam kristal-kristal ini, yang pada gilirannya memantulkan cahaya dan bersinar terang seolah-olah itu adalah batang cahaya. Fenomena ini disebut “isaribi kochu” yang diterjemahkan menjadi “pilar cahaya yang menarik ikan.”

Namun, jarang sekali menemukan “isaribi kochu”. Menurut Japan Today, bahkan staf mercusuar hanya bisa menyaksikannya setahun sekali. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Jepang. Pada November tahun lalu, berkas cahaya muncul di banyak wilayah Alberta, Kanada.

Ilmuwan di Pusat Penelitian Atmosfer Nasional, Michael Kavulich mengatakan kepada Fox Weather bahwa "pilar cahaya" terbentuk ketika, dalam kondisi sangat tenang, kristal es di awan bertindak seperti cermin dan memantulkan cahaya yang bersinar dari tanah.

Dilansir Her Zindagi, foto-foto Isaribi Kochu yang menjadi viral diambil dari Pelabuhan Mikuriya di Kota Daisen, Jepang, di mana langit memantulkan berbagai warna abu-abu dan di tengahnya berdiri sembilan pilar cahaya. Pengguna Twitter (X) @Rainmaker1973 (Massimo) membagikan gambar tersebut dengan keterangan, "Pilar cahaya adalah fenomena optik atmosfer di mana berkas cahaya vertikal tampak memanjang di atas dan/atau di bawah sumber cahaya. Kadang-kadang mereka bahkan tampak terpisah dari sumbernya. Ini terlihat di Daisen, sebuah kota pesisir di Jepang.”

Kemunculan pilar-pilar cahaya ini membuat warganet terkejut sekaligus kagum. Beberapa orang mengapresiasi kehebatan alam, sementara yang lain percaya akan kemungkinan invasi alien. Hal ini juga membuka jalan bagi komentar-komentar lucu dan berhubungan.

“Jangan biarkan nenek saya melihat ini, dia akan mengatakan ini adalah surga,” tulis salah satu pengguna Twitter.

“Ada sesuatu yang ajaib tentang pilar cahaya, hampir seperti pertunjukan sorotan kosmik. Sungguh menakjubkan bagaimana alam meniru seni, lain kali Anda keluar melihat bintang, perhatikan pancaran sinar halus ini, mereka mungkin akan mencuri perhatian dari bintang-bintang,” tulis warganet lain.

“Yah, sepertinya semakin banyak remaja Jepang yang melakukan isekai,” tulis pengguna lain,  mengacu pada genre fiksi di mana karakter dipindahkan ke dunia lain.

“Saya agak penasaran, fenomena keagamaan seperti apa yang menginspirasi hal ini dalam sejarah,” tulis yang lainnya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement