Sabtu 18 May 2024 07:17 WIB

Astronom Temukan Planet Baru Seukuran Bumi, Namanya Speculoos-3 b

Planet Speculoos-3 b mengorbit bintang kerdil bersuhu teramat dingin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Planet Bumi (ilustrasi). Astronom internasional menemukan planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang ultradingin. Planet itu diberi nama Speculoos-3 b.
Foto:

Sebagian besar pengamatan terhadap penemuan ini dilakukan oleh teleskop Speculoos di Belahan Bumi Utara. Namun, para peneliti Universitas Birmingham juga menyumbangkan beberapa pengamatan yang dilakukan di Observatorium Speculoos Selatan, yang terletak di Gurun Atacama di Chile.

Profesor eksoplanetologi Amaury Triaud dari Sekolah Fisika dan Astronomi Universitas Birmingham mengatakan, penemuan Speculoos-3 menunjukkan jaringan astronom di seluruh dunia berfungsi dengan baik. Tim juga disebutnya siap mendeteksi lebih banyak planet berbatu yang mengorbit bintang dengan massa sangat rendah.

"Bintang katai ultradingin lebih dingin dan lebih kecil dibandingkan matahari kita, umurnya seratus kali lebih tua, sekitar 100 miliar tahun, dan diperkirakan mereka akan menjadi bintang terakhir yang masih bersinar di alam semesta," ucap Triaud.

Para ilmuwan yakin rentang hidup yang panjang ini dapat memberikan peluang bagi kehidupan di planet yang mengorbit untuk berkembang. Langkah selanjutnya untuk proyek ini dapat mencakup pengamatan lanjutan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang akan memberikan wawasan penting mengenai mineralogi permukaan planet dan atmosfernya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement