Jumat 08 Mar 2024 11:14 WIB

Setelah AI, Teknologi ini Diprediksi Jadi Tren 10 Tahun Mendatang

Tahun-tahun ke depan akan banyak tren teknologi baru selain AI.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Tahun 2023 dan 2024 dianggap sebagai momen penting dalam sejarah kecerdasan buatan (AI). Tentunya teknologi-teknologi baru akan lahir beberapa tahun ke depan.
Foto:

Hal ini bukan hanya berarti tidak kehilangan kendali jarak jauh, namun mesin dan perangkat sehari-hari akan dapat membaca pikiran, langsung mengadaptasi cara pengoperasiannya agar sesuai dengan suasana hati atau keinginan dan kebutuhan pengguna. 

3. Eksistensi robot

Pada tahun 2035, kehidupan manusia mungkin banyak diwarnai bantuan robot dalam berbagai bentuk. Asisten robot pribadi dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi orang lanjut usia dan orang lemah. Atau siapa saja yang membutuhkan bantuan karena sakit atau cacat. Robot mungkin membantu manusia melakukan pekerjaan manual atau menjamin keamanan. Sementara itu, mobil dan kendaraan juga telah menjadi produk yang sangat otonom sehingga pada dasarnya dikategorikan sebagai robot.

4. Dunia Gim Virtual

Video gim dan dunia realitas virtual telah menjadi bagian kehidupan manusia, memberikan pengalaman, sehingga beberapa orang tidak lagi merasa cukup untuk merasakan realitas duniawi. Manusia mungkin belum membicarakan Holodeck seperti yang terlihat di Star Trek, di mana skenario fantasi apa pun bisa menjadi simulasi realitas yang hidup dan bernapas. Namun berkat hadirnya AI ke dalam gim dan dunia virtual, kemajuan tersebut bisa tidak terhindarkan lagi ke depannya.

Manusia bahkan mungkin dapat menyentuh dan merasakan dunia virtual berkat kemajuan dalam umpan balik haptik dan stimulasi sensorik. Kita mungkin telah mencapai titik di mana hal ini tidak dapat dibedakan dari kenyataan, atau mungkin masih memerlukan waktu beberapa tahun lagi. 

 

Gim dan pengalaman virtual ini sangat mengasyikkan sehingga membuat dunia nyata tidak lagi cukup baik bagi sebagian orang. Namun, karena banyak yang mampu menghasilkan uang, terdidik, dan menjaga hubungan pribadi di dunia maya, banyak yang bahkan tidak melihat hal gim daring sebagai masalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement