Selasa 13 Feb 2024 08:31 WIB

Mesin Intuitif Pendarat NASA Bawa Kamera Kecil untuk Pelajari Permukaan Bulan

Pendarat akan membawa 12 muatan yang setengahnya bersifat komersial.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Kamera Stereo NASA untuk Studi Permukaan Lunar Plume, atau SCALPSS, akan mengumpulkan citra interaksi antara permukaan Bulan dan pendarat Nova-C dari Mesin Intuitif. Salah satu dari empat kamera terlihat di sini.
Foto:

Menurut NASA, tim SCALPSS memerlukan setidaknya beberapa bulan untuk memproses gambar-gambar, memverifikasi data, dan menghasilkan peta-peta ketinggian digital 3D. Namun kerja keras ini akan membantu perencanaan misi-misi masa depan dan memastikan keamanan pendaratan-pendaratan di bulan. 

Pendarat IM-1 Nova-C akan berusaha menjadi pesawat ruang angkasa pribadi pertama yang berhasil mendarat di permukaan bulan. Hal ini menyusul kegagalan Beresheet milik perusahaan Israel SpaceIL dan misi pendaratan bulan Hakuto-R milik perusahaan Jepang ispace pada tahun 2019 dan 2023, serta hilangnya Peregrine milik Astrobotics awal tahun ini. 

Peregrine mengalami kebocoran bahan bakar yang akhirnya mengakhiri misi tak lama setelah terpisah dari roket Vulcan Centaur tingkat atas. Seperti Peregrini, Odysseus adalah bagian dari program Layanan Muatan Bulan Komersial (CLPS) NASA. Inisiatif ini merupakan bagian dari program Artemis NASA yang lebih luas. 

Seperti Peregrine, Odysseus adalah bagian dari program Layanan Muatan Bulan Komersial (CLPS) NASA. Inisiatif ini merupakan bagian dari program Artemis NASA yang lebih luas. 

 

Misi CLPS lainnya, Blue Ghost milik Firefly Aerospace, dijadwalkan untuk membawa SCALPSS 1.1 akhir tahun ini. Versi peningkatan ini akan menampilkan dua kamera tambahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement