3. Komunikasi yang Dipersonalisasi dengan AI Generatif
Teknologi AI Generatif semakin digunakan untuk menciptakan konten yang disesuaikan untuk konsumen, mulai dari pesan pemasaran hingga dukungan pelanggan. Pengembangan teknologi Large Language Models memungkinkan analisis data konsumen dalam jumlah besar untuk menghasilkan respons dan konten yang lebih sesuai dengan preferensi individu. Namun, hal ini juga membawa tantangan baru terkait dengan privasi dan permasalahan personalisasi.
4. Dominasi Konten Multimedia Berdurasi Pendek
Platform seperti TikTok dan Instagram Reels membawa tren dominasi konten multimedia berdurasi pendek. Bisnis diharapkan untuk beradaptasi dengan tren ini, karena konten video pendek terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumen.
Dengan popularitas platform video pendek yang terus meningkat, bisnis akan bersaing untuk menciptakan lebih banyak konten komunikasi berdurasi pendek yang menarik, mencakup berbagai konten mulai dari pemasaran viral hingga demo produk.
Kim mengatakan seluruh tren tersebut sejalan dengan strategi inovatif Sendbird pada 2024, yang fokus pada teknologi API komunikasi dalam aplikasi, SDK, dan UIKit. Inovasi ini didukung oleh lebih dari 10+ bahasa platform pengembang yang memungkinkan brand untuk sepenuhnya menyesuaikan komunikasi pelanggan, memoderasi pengalaman pengguna dengan aman, dan menyematkan model AI generatif secara publik atau pribadi.