Selasa 26 Dec 2023 20:49 WIB

Ini Lima Penemuan Planet Ekstrasurya yang Mengejutkan Ilmuwan di 2023

Tahun ini para ilmuwan planet menambahkan sejumlah dunia baru ke katalog ekstrasurya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Penampakan Planes Smertrios.
Foto:

3. Sistem Planet Punya 6 Sub-Neptunes

Terletak hanya 100 tahun cahaya dari tata surya kita, para ilmuwan melihat sistem planet di mana enam planet mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya. Ini bahkan sangat dekat sehingga keenam planet tersebut bisa berada dalam jarak antara Merkurius dan matahari.

Para astronom juga percaya bahwa sistem planet tetap tidak berubah selama lebih dari satu miliar tahun, karena planet-planet mengorbit dengan resonansi matematis yang mendekati sempurna.

4. Planet Besar Temukan Bintang Kecil yang Mengorbit

Planet ekstrasurya pasif bernama LHS 3154 b, yang 13 kali lebih besar dari Bumi, ditemukan mengorbit bintang yang sangat dingin. Planet ini berukuran menyerupai Neptunus, sedangkan bintangnya sembilan kali lebih kecil dari matahari. Rasio antara dunia seukuran Neptunus dan bintang induknya, yang berjarak 51 tahun cahaya, adalah 100 kali lebih besar dibandingkan rasio massa antara Bumi dan Matahari.

5. Astronomers Tangkap Video Terpanjang dari Exoplanet

Dengan menggunakan data selama 17 tahun, para astronom membuat video selang waktu dari orbit planet ekstrasurya Beta Pictoris b. Data tersebut diringkas menjadi rekaman berdurasi 10 detik, yang menangkap 75 persen orbit planet di sekitar bintang induknya yang membutuhkan waktu 23 tahun Bumi untuk menyelesaikannya.

Planet ini terletak dalam sistem yang berjarak 64 tahun cahaya dari Bumi. Planet itu sendiri memiliki massa 12 kali massa Jupiter, planet terbesar di tata surya.