Jumat 27 Oct 2023 23:27 WIB

Google Maps Kini Pakai AI, Ini Daftar Fitur Terbarunya

Google Maps hendak mempermudah pengguna menemukan sesuatu di dekat mereka.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google menambahkan sejumlah pembaruan baru untuk Maps, termasuk beberapa fitur bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian/ilustrasi
Foto: Pexels
Google menambahkan sejumlah pembaruan baru untuk Maps, termasuk beberapa fitur bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google menambahkan sejumlah pembaruan baru untuk Maps, termasuk beberapa fitur bertenaga kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian, menjelajahi lingkungan sekitar, dan mencapai tujuan mereka.

Google Maps hendak mempermudah pengguna menemukan sesuatu di dekat mereka dan memberi inspirasi untuk melakukan sesuatu. Berikut daftar fiturnya, seperti dilansir dari Tech Crunch, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga

1.Penelusuran di Maps 

Sekarang, saat pengguna menelusuri sesuatu seperti “animal latte art”, misalnya, maka akan mendapatkan hasil foto dari apa yang dicari. Hasil yang ditampilkan didasarkan pada analisis foto yang dibagikan oleh pengguna di Google Maps berkat AI dan model pengenalan gambar tingkat lanjut. Dengan menampilkan gambar-gambar ini, Google ingin memudahkan pengguna menemukan tempat-tempat baru yang menyediakan hal yang pengguna cari.

Cara baru untuk melakukan penelusuran di Maps ini diluncurkan di Prancis, Jerman, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat pekan ini. Google berencana untuk memperluasnya ke lebih banyak negara di masa depan.

 

2.Saran aktivitas seru

Hasil pencarian jadi lebih terorganisir tentang hal-hal di sekitar pengguna. Misalnya, memberikan rekomendasi tetang “aktivitas yang dapat dilakukan” seperti “anime”, “bunga sakura”, atau “pameran seni” di Tokyo, Jepang. Anda dapat mengetuk tempat tersebut dan menavigasi ke arah sana atau menyimpannya untuk nanti saja. Pembaruan ini, yang dirancang untuk membantu Anda menemukan aktivitas dan pilihan bersantap, akan diluncurkan secara global di Android dan iOS dalam beberapa pekan mendatang.

 

3.Antarmuka navigasi

Google juga mengumumkan bahwa antarmuka navigasi Maps akan segera mencerminkan lingkungan sekitar dengan lebih akurat. Misalnya, Anda akan melihat bangunan yang lebih realistis untuk mengarahkan pengguna dengan lebih baik saat berkendara di pusat kota. Selain warna yang diperbarui pada peta, Anda sekarang akan melihat detail jalur yang ditingkatkan saat berada di jalan raya, yang akan berguna saat harus dengan cepat melintasi beberapa jalur untuk keluar. Pembaruan ini akan mulai diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang di 12 negara, termasuk AS, Kanada, Prancis, dan Jerman.

 

4.Bantu pengendara listrik

Selain itu, pengemudi kendaraan listrik di Android dan iOS akan mulai melihat informasi tambahan tentang stasiun pengisian daya yang muncul di peta mereka, termasuk informasi pengisi daya kompatibel dengan kendaraannya. Kemudian informasi pengisi daya yang tersedia cepat, sedang, atau lambat. 

 

5.Lens in Maps

Google juga menghadirkan Lens in Maps, yang sebelumnya dikenal sebagai Penelusuran dengan Live View, ke lebih dari 50 kota baru, termasuk Austin, Las Vegas, Roma, São Paulo, dan Taipei. Fitur ini menggunakan AI dan augmented reality untuk memudahkan Anda memahami lingkungan sekitar dan menemukan informasi tentang hal-hal seperti ATM terdekat, stasiun transit, restoran, dan banyak lagi. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement