Sabtu 21 Oct 2023 14:40 WIB

Gerhana Bulan Sebagian Segera Hadir, Kapan Waktunya?

Fenomena gerhana bulan sebagian akan terjadi pada akhir Oktober 2023 ini.

 BMKG memperkirakan gerhana bulan sebagian akan terjadi di Indonesia pada 29 Oktober 2023,/ilustrasi
Foto: AP/Eugene Hoshiko
BMKG memperkirakan gerhana bulan sebagian akan terjadi di Indonesia pada 29 Oktober 2023,/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan kita akan segera melihat fenomena alam menjelang akhir Oktober ini, yaitu gerhana bulan sebagian. ''Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada 29 Oktober 2023,'' ungkap pihak BMKG dalam siaran pers seperti dilihat dari laman resmi bmkg.go.id, Sabtu (21/10/2023).

Pihak BMKG memperkirakan durasi gerhana dari fase gerhana mulai hingga gerhana berakhir  adalah sekitar empat jam dan 28 menit. Sedangkan durasi parsialitas, yaitu lama waktu dari fase gerhana sebagian mulai hingga gerhana sebagian berakhir terjadi selama 1 jam dan 18 menit.

Baca Juga

Lantas, wilayah mana saja yang bisa menyaksikan fenomena alam ini? BMKG menyebutkan Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku akan mendapati gerhana bulan dari awal hingga bulan terbenam saat fase gerhana bulan sebagian sedang berlangsung. 

''Pengamat yang berada di sebagian kecil Papua Barat, sebagian Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan sebagian Jawa Barat akan dapat mendapati gerhana  bulan  dari  awal  hingga  bulan  terbenam  saat  fase  gerhana  bulan  penumbra  sedang berlangsung,'' ungkap BMKG.

Sementara itu sebagian Kalimantan Barat, sebagian Jawa Barat,  DKI  Jakarta,  Banten,  Lampung,  Sumatera  Selatan,  Bengkulu,  Bangka  Belitung,  Jambi,  Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh akan dapat mengamati gerhana bulan dari awal hingga gerhana berakhir.

 

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement