Rabu 06 Sep 2023 13:53 WIB

Google Hadirkan 5 Fitur Produktivitas untuk Android

Google turut mengumumkan sejumlah pembaruan pada aplikasinya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bersamaan dengan peluncuran ulang logo dan maskot Android yang baru, Google turut mengumumkan sejumlah pembaruan pada aplikasinya dan menghadirkan fitur-fitur baru ke perangkat./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ROMAN PILIPEY
Bersamaan dengan peluncuran ulang logo dan maskot Android yang baru, Google turut mengumumkan sejumlah pembaruan pada aplikasinya dan menghadirkan fitur-fitur baru ke perangkat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bersamaan dengan peluncuran ulang logo dan maskot Android yang baru, Google turut mengumumkan sejumlah pembaruan pada aplikasinya dan menghadirkan fitur-fitur baru ke perangkat. Hal ini untuk mempermudah dalam menjalankan tugas dan tetap terhubung saat bepergian, namun belum menentukan kapan fitur-fitur tersebut akan tersedia. Berikut beberapa fitur yang hendak dihadirkan, seperti dilansir dari Neowin.net, Rabu (6/9/2023).

1.Adaptasi kecerdasan buatan (AI)

Baca Juga

Fitur yang pertama adalah menggabungkan AI langsung ke layar beranda dengan widget Assistant At a Glance. Ini memanfaatkan kekuatan AI untuk menyegarkan secara berkala melalui pembaruan cuaca yang sangat tepat, pembaruan perjalanan langsung, dan pengingat acara mendatang bila diperlukan.

 

2. Aksesibilitas

Pembaruan berikutnya hadir pada fitur aksesibilitas Android, dengan Tanya Jawab Gambar di Lookout memanfaatkan AI untuk menghasilkan deskripsi gambar yang lebih detail bagi pengguna tunanetra atau rabun. Saat pengguna membuka gambar, mereka dapat mengetik atau menggunakan suara untuk mengajukan pertanyaan lanjutan guna mempelajari lebih lanjut tentang konten gambar. Lookout juga diperbarui untuk mendukung 11 bahasa baru termasuk Jepang, Korea, dan Cina.

 

3. Google Wallet

Berikutnya adalah pembaruan pada Google Wallet, dengan kemampuan mengimpor tiket menggunakan kamera untuk mendigitalkan tiket yang memiliki kode batang atau kode QR dan menambahkannya langsung ke aplikasi Wallet seperti kartu gym atau perpustakaan. Ini akan mengunggah gambar pass yang diambil dan menyimpannya di aplikasi Wallet sehingga siap digunakan.

 

4. Android Auto 

Selanjutnya Android Auto mendapatkan pembaruan berkat Webex by Cisco dan Zoom, dengan pengguna dapat memulai dan bergabung dalam panggilan konferensi hanya melalui audio, dan menelusuri jadwal rapat langsung dari layar mobil. Panggilan aktif melalui kedua platform ini dikelola langsung melalui Android Auto sehingga memudahkan untuk membisukan mikrofon dan mengakhiri panggilan saat diperlukan.

 

5. Personal Routines

Pembaruan terakhir hadir pada Rutinitas Pribadi dengan data aktivitas dan tidur dari Fitbit atau Google Fit tersedia untuk ditambahkan ke rutinitas. Untuk memulai, Google merekomendasikan untuk menambahkan jam tidur dan waktu mulai tidur ke rutinitas Selamat Pagi, yang akan merangkum statistik tidur di pagi hari bersama dengan item rutinitas lainnya.

Meskipun Google secara langsung mereferensikan pembaruan pada perangkat, Google tidak mengatakan bahwa fitur-fitur ini eksklusif untuk ponsel Pixel-nya, dan kemungkinan besar akan hadir juga pada perangkat Android lainnya di masa mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement