Ahad 03 Sep 2023 11:16 WIB

Google Maps Segera Rilis Tampilan Baru?

Google Maps tampak menghadirkan sejumlah perubahan warna pada tampilan peta.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google Maps dilaporkan sedang mengetes desain antarmuka pengguna atau user interface (UI) baru untuk ponsel pintar./ilustrasi
Foto: Tangkapan layar
Google Maps dilaporkan sedang mengetes desain antarmuka pengguna atau user interface (UI) baru untuk ponsel pintar./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google Maps dilaporkan sedang mengetes desain antarmuka pengguna atau user interface (UI) baru untuk ponsel pintar. Dengan desain yang baru, Google Maps tampak menghadirkan sejumlah perubahan warna pada tampilan peta.

Menurut 9to5Google, perubahan paling besar yang akan terlihat dalam desain UI yang baru adalah warna untuk bangunan-bangunan atau city blocks dan jalanan. Pada desain UI yang lama, area bangunan dalam Google Maps terlihat berwarna abu-abu, sedangkan area jalanan berwarna putih.

Baca Juga

Sedangkan dalam desain UI yang baru, area bangunan dalam Google Maps terlihat berwarna putih dan area jalanan berwarna abu-abu. Jalan tol dan jalan raya akan tampil dengan warna abu-abu yang lebih tua, seperti halnya tampilan jalanan dalam Apple Maps.

Dalam desain UI yang lama, jalan tol di dalam Google Maps tampil dengan warna kuning menyala. Dengan desain UI yang baru, warna kuning dalam Google Maps digunakan untuk menggambarkan kemacetan sedang di jalanan.

Selain itu, warna badan air juga mengalami perubahan dalam Google Maps dengan UI yang baru. Badan air yang semula tampil dengan warna ungu kebiruan, kini memiliki warna biru teal.

Seperti dilansir Android Police, Ahad (3/9/2023), Google Maps tidak lagi menggunakan warna hijau daun untuk menggambarkan semak-semak dan hutan. Dengan UI yang baru, semak-semak dan hutan dalam Google Maps akan terlihat berwarna hijau emerald.

Tak hanya perubahan warna, bar bagian bawah di Google Maps juga tampak lebih pendek dalam tampilan baru. Bar bagian bawah tak lagi menampilkan tema Material You yang dinamis.

Ragam perubahan ini mungkin terlihat kecil dan tidak signifikan. Namun bila dilihat secara keseluruhan, tampilan Google Maps yang baru akan terasa cukup berbeda dari tampilan Google Maps sebelumnya.

Desain yang baru membuat tampilan peta dalam Google Maps terlihat mirip dengan Apple Maps. Kabar baiknya, antarmuka Google Maps versi web dan mode gelap di ponsel tidak mengalami perubahan sama sekali.

Sejauh ini, tampilan Google Maps yang baru belum dirilis untuk pengguna secara luas. Kemungkinan besar, tampilan baru Google Maps ini hanya dirilis untuk sebagian kecil pengguna saja. Namun bukan tidak mungkin bila perilisan tampilan baru Google Maps akan diperluas secara bertahap ke seluruh pengguna. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement