Ahad 13 Aug 2023 21:46 WIB

Fitur Baru untuk Pengguna Android 14, Bisa Deteksi Penguntit

Google akhirnya merilis fitur Unknown Tracker Alerts untuk pengguna Android 14.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur Unknown Tracker Alerts untuk pengguna Android 14 bisa mendeteksi apakah ada Bluetooth Tracker atau penguntit digital yang tidak diinginkan di Android/Ilustrasi
Foto: Mashable
Fitur Unknown Tracker Alerts untuk pengguna Android 14 bisa mendeteksi apakah ada Bluetooth Tracker atau penguntit digital yang tidak diinginkan di Android/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google akhirnya merilis fitur “Unknown Tracker Alerts” untuk pengguna Android 14. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendeteksi apakah ada Bluetooth Tracker atau penguntit digital yang tidak diinginkan di Android mereka.

Fitur Android 14 ini mempertimbangkan dua skenario yang berbeda. Pertama, fitur ini akan memberitahu pengguna ketika seseorang menempatkan pelacak yang tidak dikenal, dan memberitahu pengguna bahwa mereka sedang dikuntit. Kedua, fitur ini dapat mendeteksi apakah seseorang dengan pelacak pergi bersama pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna mendeteksi penguntit dan mengambil langkah yang diperlukan dalam kedua kasus tersebut.

Baca Juga

Saat ini, fitur tersebut sedang aktif di ponsel Samsung Galaxy dan Google Pixel yang menjalankan Android 14. Untuk saat ini, fitur tracker alert hanya berfungsi untuk Apple Air Tags. Google berencana untuk memperluas fitur tersebut ke lebih banyak perangkat dan menambahkan dukungan untuk lebih banyak pelacak objek di masa mendatang.

Fitur pelacakan itu terpasang secara default pada ponsel dengan Android 14. Untuk memeriksa apakah fitur ini ada di ponsel Anda, ikuti langkah-langkah berikut seperti dilansir Gizchina, Ahad (13/8/2023).

1. Buka Settings (Pengaturan).

2. Klik bagian Safety & Emergency (keamanan & keadaan darurat) atau Personal Safety (keamanan personal).

3. Ketuk ‘Unknown Tracker Alerts’.

Menurut Google, jika pengguna mematikan fitur alert (peringatan), ponsel Android 14 pengguna tidak akan secara otomatis memindai pelacak atau tracker yang mengancam pengguna.

Selain itu, di samping pemindaian otomatis, pengguna dapat melakukan pemindaian manual. Ini adalah proses 10 detik yang memindai area sekitar untuk melihat apakah ada penguntit atau pelacak.

Hasil pemindaian manual tidak akan disimpan di ponsel pengguna. Dan setelah ponsel Android pengguna mendeteksi penguntit, ponsel akan menampilkan peta. Di peta ini, pengguna dapat melihat dari lokasi mana pelacak telah menguntit-nya.

Dengan menekan 'Next Steps’ (langkah berikutnya), pengguna dapat mengakses instruksi keselamatan untuk menangani insiden pelacakan. Secara keseluruhan, fitur Android 14 ini sangat membantu pengguna untuk mempertebal benteng keamanan digital mereka.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement