Rabu 06 Dec 2023 13:39 WIB

Jangan Buru-Buru Jual Ponsel Android Anda, Lakukan 7 Hal Ini Dulu

Jika tidak melakukan persiapan sebelum menjual dapat menyebabkan kerugian finansial.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sebelum menjual ponsel Android, lakukan sejumlah hal persiapan lebih dulu agar tidak terjadi kerugian finansial/ilustrasi
Foto: slash gear
Sebelum menjual ponsel Android, lakukan sejumlah hal persiapan lebih dulu agar tidak terjadi kerugian finansial/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adakah rencana untuk menjual ponsel Android Anda? Sebelum melakukannya, pastikan Anda melakukan sejumlah hal dulu. Sebab, jika tidak melakukannya dapat menyebabkan kerugian finansial dan kerugian lain. Misalnya, bocornya data pribadi Anda. Berikut tujuh hal yang bisa Anda lakukan sebelum menjual ponsel lama, seperti dilansir GadgetsNow, Rabu (6/12/2023):

1.Hapus semua aplikasi perbankan dan UPI

Baca Juga

Pastikan Anda menghapus semua aplikasi perbankan di ponsel. Aplikasi ini ditautkan ke nomor ponsel sehingga OTP tidak akan datang. Namun, data apa pun yang tersisa di aplikasi bisa berbahaya. Demikian pula, hapus semua aplikasi Unified Payments Interface (UPI) dari telepon.

 

2.Pastikan catatan panggilan dan pesan dihapus

Mirip dengan mencadangkan kontak, Anda memiliki opsi untuk mengamankan pesan dan catatan panggilan Anda. Manfaatkan perangkat lunak pihak ketiga, seperti Pencadangan dan Pemulihan SMS untuk mencadangkan pesan Anda. Buat cadangan pesan Anda dengan menyimpannya di Google Drive sehingga memudahkan untuk memulihkannya di ponsel baru Anda. Aplikasi yang sama juga dapat digunakan untuk membuat cadangan catatan panggilan Anda.

 

3.Gunakan solusi penyimpanan cloud untuk mencadangkan foto, video, dan konten multimedia lainnya

Pilihlah cadangan Cloud menggunakan layanan seperti Google Foto, Google Drive, Microsoft OneDrive, DropBox, atau layanan Cloud terkemuka lainnya.

 

4.Cadangkan di drive eksternal

Meskipun sistem pencadangan cloud lancar dan lebih mudah untuk memulihkan data, metode pencadangan drive eksternal dapat memberikan lapisan keamanan data tambahan.

 

5.Keluar dan hapus semua akun sebelum menyetel ulang perangkat

Melakukan reset pabrik pada ponsel cerdas akan menghapus semua data, tetapi tidak secara otomatis mengeluarkan Anda dari akun Google Anda. Oleh karena itu, penting untuk keluar secara manual dari semua akun Google dan akun online lainnya sebelum melakukan reset pabrik. Anda dapat memverifikasi akun yang masuk dengan mencari akun di pengaturan telepon.

 

6.Pastikan untuk mengeluarkan kartu microSD

Jika Anda menggunakan kartu microSD, pastikan untuk mengeluarkannya dari ponsel Anda. Namun, sebelum menghapus, pastikan data yang disimpan aman.

 

7.Keluarkan kartu SIM atau hapus data eSIM

Ini adalah sesuatu yang tidak perlu diberitahukan kepada Anda, tapi tetap saja, jangan lupa mengeluarkan kartu SIM Anda. Selain itu, jika Anda menggunakan eSIM, jangan lupa untuk menghapusnya dari pengaturan ponsel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement