Selasa 08 Aug 2023 12:08 WIB

Storage Ponsel Android Cepat Penuh? Coba Trik Ini

Ada enam trik mengatasi masalah ruang penyimpanan internal yang penuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meski kapasitas internal ponsel Android cukup besar, ada kalanya ruang penyimpanan tersebut cepat penuh dan menghambat performa ponsel./ilustrasi
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Meski kapasitas internal ponsel Android cukup besar, ada kalanya ruang penyimpanan tersebut cepat penuh dan menghambat performa ponsel./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Meski kapasitas internal ponsel Android cukup besar, ada kalanya ruang penyimpanan tersebut cepat penuh dan menghambat performa ponsel. Kabar baiknya, masalah ruang penyimpanan internal yang penuh bisa diatasi dengan beberapa langkah sederhana. Setidaknya, ada enam trik yang bisa membantu untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan internal yang penuh. 

Berikut ini adalah keenam trik tersebut, seperti dilansir AndroidPolice ada Selasa (8/8).

Baca Juga

1. Hapus Aplikasi yang tak Digunakan

Menghapus aplikasi yang jarang digunakan bisa dilakukan secara manual dengan memilih aplikasi yang ingin dihapus satu per satu. Pengguna juga bisa menemukan daftar aplikasi yang jarang digunakan dengan cepat melalui library aplikasi.Untuk mengakses fitur ini, buka menu Setting, pilih Apps, lalu pilih menu Unused Apps. Setelahnya, akan muncul daftar aplikasi yang paling jarang digunakan. 

Pengguna bisa melakukan uninstall aplikasi tersebut secara cepat dengan menekan ikon tong sampah di samping nama aplikasi.Cara lainnya, pengguna dapat membuka menu Storage lalu pilih Apps Storage. Setelah itu, akan muncul daftar nama aplikasi yang bisa diurutkan berdasarkan ukuran aplikasi yang paling besar hingga paling kecil. Pengguna bisa melakukan penghapusan data yang jarang digunakan dan tersimpan di dalam aplikasi-aplikasi tersebut.

 

2.Hapus Foto yang Sudah Diback-Up

Google Photos memiliki fitur yang bisa memback-up foto dan video secara otomatis. Akan tetapi, fitur ini tak bisa secara otomatis menghapus file foto atau video yang sudah di-back-up dan masih tersimpan di dalam ponsel.Pengguna yang ingin menemukan file foto dan video seperti ini bisa memanfaatkan fitur dari Google Photos.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus semua file foto dan video yang sudah diback-up ke dalam cloud dan masih tersimpan di ruang penyimpanan ponsel.Untuk mengakses fitur ini, buka Google Photos lalu tap foto profil pengguna yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih menu Free Up Space dari menu drop-down.

 

3.Hapus File Duplikasi Hingga Unggahan Lama

Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat membantu membersihkan residu file dari aplikasi dan gim. Akan tetapi, cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan Files dari Google.Files mampu mendeteksi dokumen-dokumen yang terduplikasi dan menyoroti aplikasi yang paling memakan banyak ruang penyimpanan. Files juga bisa membuang hasil unduhan dengan sekali tap dan memberikan rekomendasi aplikasi yang jarang digunakan dan dapat di-uninstall.

Files juga dinilai memiliki performa optimal karena dapat memberikan keseimbangan antara fungsi dan kemudahan dalam penggunaan. Selain itu, Files tidak akan menghapus data penting yang ada di dalam ponsel. Aplikasi Files by Google bisa diunduh melalui Play Store.

 

4.Gunakan SD Card

Ruang penyimpanan internal yang dimiliki ponsel Android memang memiliki keterbatasan dan tak bisa di-upgrade. Meski begitu, pengguna bisa memanfaatkan microSD card untuk mendapatkan ruang penyimpanan eksternal. Perlu diketahui bahwa performa microSD card yang paling cepat tetap lebih lambat dibandingkan ruang penyimpanan internal pada ponsel. Oleh karena itu, penggunaan microSD card sebaiknya hanya dilakukan oleh pengguna bila membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat besar.

 

5.Amankan Dokumen di Cloud

Cara yang paling sederhana untuk menghemat ruang penyimpanan ponsel adalah dengan memanfaatkan layanan cloud. Cloud memungkinkan pengguna ponsel Android untuk menyimpan banyak file atau dokumen tanpa memenuhi ruang penyimpanan internal.

 

6.Jaga Ruang Penyimpanan

Pengguna ponsel Android sangat dianjurkan untuk mengelola ruang penyimpanan ponsel dengan baik agar tidak terlalu penuh. Ruang penyimpanan internal ponsel yang terlalu penuh bisa membuat performa ponsel ikut terganggu dan melambat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement