Kamis 10 Aug 2023 13:54 WIB

Email Kini Bisa Langsung Diterjemahkan, Begini Caranya

Email dapat diterjemahkan dalam lebih dari 100 bahasa.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google mengumumkan fitur baru untuk aplikasi GMail-nya yang memungkinkan pengguna menerjemahkan email.
Foto: Gmail
Google mengumumkan fitur baru untuk aplikasi GMail-nya yang memungkinkan pengguna menerjemahkan email.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google mengumumkan fitur baru untuk aplikasi GMail-nya yang memungkinkan pengguna menerjemahkan email. Fitur yang sebelumnya hanya tersedia di web, diluncurkan ke perangkat Android dan iOS mulai hari ini.

“Selama bertahun-tahun, pengguna kami telah dengan mudah menerjemahkan email di GMail di web ke lebih dari 100 bahasa. Mulai hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan integrasi terjemahan asli dalam aplikasi seluler GMail yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan lancar dalam berbagai bahasa,” kata Google dalam unggahan blog, dilansir Indian Express, Kamis (10/8/2023).

Baca Juga

Fitur ini bekerja dengan mendeteksi bahasa konten email dan menampilkan keterangan banner di bagian atas email yang menawarkan untuk menerjemahkan ke bahasa yang ditetapkan pengguna. Misalnya, jika email dalam bahasa Spanyol dan bahasa pengguna adalah bahasa Inggris, mereka dapat mengetuk "Terjemahkan ke Bahasa Inggris" untuk melihat teks yang diterjemahkan.

Pengguna juga dapat menutup banner jika mereka tidak ingin menerjemahkan email atau memilih untuk tidak lagi menerjemahkan email dari bahasa tertentu. Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan preferensi terjemahan mereka di pengaturan di mana mereka dapat memilih bahasa mana yang ingin selalu atau tidak pernah mereka terjemahkan.

Cara menggunakan fitur terjemahan Gmail yang baru:

1.Untuk menerjemahkan pesan, cukup klik opsi "Translate" di bagian atas email Anda.

2.Anda juga dapat menutup opsi terjemahan, tetapi akan muncul kembali saat Gmail mendeteksi bahwa konten email berbeda dari bahasa yang disetel.

3.Untuk menonaktifkan spanduk terjemahkan untuk bahasa tertentu, setujui permintaan “Don’t translate [language] again” yang muncul saat Anda menutup banner. 

4.Jika sistem tidak mendeteksi bahasa lain, opsi untuk menerjemahkan email secara manual dapat ditemukan di menu tiga titik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement