Senin 07 Aug 2023 14:05 WIB

Bandingkan Ponsel Lipat dari 3 Merek Terkenal, Mana Paling Unggul?

Persaingan ponsel lipat kini cukup sengit terutama dari Samsung, Motorola dan Oppo.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Persaingan ponsel layar lipat saat ini cukup ketat. Samsung Z Flip 5 langsung berhadapan dengan persaingan ketat dari Motorola Razr Plus dan Oppo Find N2 Flip (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Persaingan ponsel layar lipat saat ini cukup ketat. Samsung Z Flip 5 langsung berhadapan dengan persaingan ketat dari Motorola Razr Plus dan Oppo Find N2 Flip (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Samsung Galaxy Z Flip 5 baru memulai debutnya di acara Unpacked perusahaan minggu lalu, mengungkapkan perubahan desain yang mencakup layar sampul yang lebih lebar dan engsel yang didesain ulang.

Samsung Z Flip 5 langsung berhadapan dengan persaingan ketat dari Motorola Razr Plus dan Oppo Find N2 Flip, keduanya menggunakan desain ponsel lipat serupa yang dikombinasikan dengan layar penutup yang lebih besar.

Baca Juga

Dilansir CNet, Senin (7/8/2023), Galaxy Z Flip 5 memiliki layar sampul baru yang membentang di sebagian besar panel depan ponsel, kecuali untuk potongan tonjolan kamera. Samsung telah membuang layar yang relatif sangat kecil yang terlihat pada Galaxy Z Flip 4, yang hanya berukuran 1,9 inci vs. 3,4 inci pada Z Flip 5.

Perubahan ini memungkinkan Anda menggunakan aplikasi dan widget tertentu tanpa harus membuka ponsel, dan ukurannya cukup besar untuk mengakomodasi keyboard lengkap, memungkinkan Anda mengirim teks cepat.

Tidak seperti Razr Plus, yang memungkinkan hampir semua aplikasi Android di layar sampulnya, Samsung mengambil pendekatan yang lebih terkurasi dengan hanya mengizinkan aplikasi dan widget yang disesuaikan untuk digunakan di layarnya yang lebih kecil.

Beberapa aplikasi yang didukung termasuk YouTube dan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. Aplikasi lain hanya dapat digunakan saat Z Flip 5 dibuka. Pendekatan apa pun yang Anda sukai kemungkinan akan turun ke preferensi pribadi, tetapi lebih banyak aplikasi dapat masuk ke layar sampul Z Flip 5 akhir tahun ini.

Dari ketiganya, Oppo Find N2 Flip adalah satu-satunya dengan layar penutup yang tinggi dan berorientasi vertikal. Layar sampul Oppo Find N2 Flip nyaman untuk pemindaian cepat cuaca dan membaca notifikasi tanpa perlu membuka ponsel. Namun, fungsi Find N2 Flip lebih terbatas daripada para pesaingnya karena pilihan widget yang lebih sedikit untuk dipilih dan tidak ada dukungan aplikasi sama sekali.

Terlepas dari pengalaman layar penutup, perbedaan utama ketiga ponsel flip ini meliputi daya tahan, prosesor, dan pembaruan perangkat lunak. 

Galaxy Z Flip 5 memiliki peringkat IPX8 untuk ketahanan air, artinya dapat menahan perendaman air hingga 1,5 meter (kira-kira 5 kaki) selama 30 menit. Meski mengesankan, ia tidak tahan debu. Untuk masalah itu, Samsung mengatakan engsel Z Flip 5 memiliki sikat kecil yang akan membantu mengusir partikel debu.

Sebagai perbandingan, Razr Plus adalah ponsel lipat pertama yang memiliki peringkat IP aktual untuk ketahanan terhadap debu. Ini memiliki peringkat IP52. Digit pertama, mengacu pada perlindungan debu, dan digit kedua mengacu pada ketahanan air. Berdasarkan peringkatnya, Razr Plus dapat menahan masuknya debu terbatas dan menahan percikan dan mungkin hujan ringan. Namun, itu tidak bisa menangani pencelupan

Z Flip 5 menggunakan prosesor terbaru dan tercepat dari ketiganya, berjalan pada chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy. Razr Plus malah menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1 tahun lalu. Find N2 Flip menggunakan Dimensity 9000 Plus dari Mediatek, yang juga dirilis tahun lalu. 

Ketiga perangkat berjalan di Android 13, dengan Z Flip 5 dan Find N2 Flip menawarkan pembaruan perangkat lunak selama empat tahun. Motorola Razr Plus satu tahun lebih lambat dari dua ponsel lainnya, dengan janji tiga tahun. Ini hampir sama untuk pembaruan keamanan, dengan Samsung dan Oppo memberikan dukungan selama lima tahun sementara Motorola berkomitmen untuk empat tahun.

Jadi, mana yang menjadi pilihan Anda?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement