Selasa 09 Jan 2024 12:28 WIB

Masa Depan Ponsel Lipat di Consumer Electronics Show 2024

Samsung hadir di CES dengan menampilkan beragam inovasi, termasuk perangkat lipat.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
JH Han, CEO dan Kepala Divisi Pengalaman Perangkat di Samsung Electronics, berbicara pada konferensi pers Samsung menjelang pameran teknologi CES Senin, 8 Januari 2024, di Las Vegas.
Foto: AP Photo/John Locher
JH Han, CEO dan Kepala Divisi Pengalaman Perangkat di Samsung Electronics, berbicara pada konferensi pers Samsung menjelang pameran teknologi CES Senin, 8 Januari 2024, di Las Vegas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Consumer Electronics Show (CES) 2024 baru saja dimulai. Acara yang berlangsung mulai 9-12 Januari 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), itu memamerkan berbagai perangkat teknologi canggih dari banyak jenama. Salah satu yang menarik adalah ponsel lipat.

Samsung hadir di CES dengan menampilkan beragam inovasi, termasuk perangkat konsep ponsel lipat terbaru yang diberi nama In&Out Flip. Sekilas, In&Out Flip sangat mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip 5, tapi ada perbedaan yang mendasarinya.

Baca Juga

Meski memiliki layar Full HD+ 6,7 inci yang dapat dilipat menjadi persegi kecil, tidak ada layar penutup di bagian luar In&Out Flip. Yang ada hanyalah sepotong kaca. Ponsel flip yang dapat dilipat tanpa layar penutup ini banyak dianggap sebagai masa depan ponsel lipat.

Kelebihan utama In&Out Flip adalah bisa dilipat ke arah dalam maupun ke arah luar. Itu berarti pengguna tidak memerlukan layar sampul khusus. Jika ingin mengakses notifikasi, aplikasi, dan lainnya tanpa membuka layar, cukup melipat ponsel ke arah luar dan mengubah tampilan utama menjadi bentuk layar sampulnya sendiri.

Apakah ini desain paling praktis untuk ponsel lipat? Ada banyak alasan untuk mengatakan tidak. Masalah utamanya adalah layar yang dapat dilipat akan terekspos sepenuhnya jika dilipat ke luar, sehingga rentan terhadap segala jenis kerusakan. Dari sudut pandang kepraktisan, ini tidak masuk akal.

Akan tetapi, pengamat teknologi Joe Maring berpendapat desain ponsel lipat jenis baru itu luar biasa. Industri selama ini hanya membagi ponsel lipat dalam jenis fold dan flip, sementara In&Out Flip Samsung adalah konsep ulang besar-besaran tentang apa yang mungkin dilakukan pada engsel ponsel lipat.  

"Samsung mengatakan pihaknya sedang mengincar desain ini untuk digunakan pada ponsel cerdas dan tablet, dan meskipun belum ada konfirmasi apakah atau kapan kami akan melihat desain ini pada produk yang dapat Anda beli, saya sangat berharap akan segera melihatnya," kata Maring.

Ada konsep smartphone lipat....

 

 

 

Selaim In&Out Flip, ada konsep smartphone lipat baru lain dari Samsung di CES 2024, yakni Flip Liple. Liple adalah konsep desain baru yang menggabungkan kata light dan simple, alias ringan dan sederhana. Harga produk pun nantinya diharap bisa semakin terjangkau.

Flip Liple memiliki layar 6,7 inci yang dapat dilipat seperti Galaxy Z Flip saat ini. Namun, sebagian layar terlipat di bingkai atas, memungkinkan pengguna melihat bagian atas ponsel untuk melihat waktu, notifikasi, cuaca, dan informasi lainnya. 

Menurut pengamat, ini tidak semenarik In&Out Flip, tetapi masih merupakan cara lain yang dipikirkan Samsung tentang bagaimana hal itu dapat mengubah cara kerja perangkat lipat. In&Out Flip atau Flip Liple mungkin belum akan diluncurkan ke publik dalam waktu dekat, tapi  kreativitas desain itu menarik disimak. 

Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 hampir pasti tidak akan menggunakan teknologi ini. Namun ada kemungkinan Flip 7, Flip 8, atau Flip 9 bisa melakukannya. Perkembangan ponsel lipat sudah konsisten, tetapi masih banyak hal yang juga bisa terus dikembangkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement