Jumat 04 Aug 2023 11:43 WIB

4 Fitur Baru Google Chrome Ini Permudah Pencarian di Ponsel

Pembaruan Google Chrome mengubah cara Anda menelusuri lewat ponsel.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google Chrome meluncurkan 4 fitur baru sehingga pengguna mudah menelusuri informasi lewat telepon seluler.
Foto: twitter
Google Chrome meluncurkan 4 fitur baru sehingga pengguna mudah menelusuri informasi lewat telepon seluler.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Pembaruan Google Chrome mengubah cara Anda menelusuri di seluler sehingga pengguna dapat menemukan informasi yang mereka cari lebih cepat dari sebelumnya. Secara total, empat fitur baru sedang diperkenalkan. 

Dilansir dari Techradar, Jumat (4/8/2023), Chrome kini akan menampilkan saran penelusuran yang relevan setiap kali Anda mengetuk bilah alamat di situs web tertentu. Contoh yang diberikan oleh Google adalah membayangkan diri Anda “membaca artikel tentang Jepang saat Anda merencanakan perjalanan yang akan datang”. 

Baca Juga

Setelah mengetuk URL artikel tersebut, bagian yang disebut Related To This Page akan muncul di bawah yang memberikan “saran untuk pencarian lain” dari tempat wisata lokal hingga restoran. Fitur ini akan tersedia di iOS dan Android. 

Kedua, sistem eksklusif. Anda dapat melihat daftar semua pencarian Google yang sedang tren selama sehari dengan mengetuk bilah alamat pada tab yang baru dibuka. Perusahaan mengatakan fitur baru ini akan mengenai ponsel Android terlebih dahulu. Nanti di tahun ini, Chrome di iOS akan mendapatkan hal yang sama meskipun tanggal pastinya tidak diberikan. 

Ketiga, dalam pembaruan Chrome adalah pemutakhiran yang tampaknya eksklusif untuk Touch to Search di Android. Selanjutnya, setiap kali Anda menyorot teks di situs web, carousel topik terkait akan muncul di bagian bawah halaman sehingga Anda dapat mempelajari topik yang ada dengan cepat. 

Ada kemungkinan Anda tidak dapat melihat carousel karena Touch to Search mungkin dinonaktifkan. Petunjuk mendetail tentang cara mengaktifkan alat ini dapat ditemukan di situs web Chrome Help. 

Keempat, “mengetik di bilah alamat Chrome” di aplikasi iOS sekarang akan menampilkan 10 saran, bukan enam. Aplikasi Android telah memiliki fitur ini untuk sementara waktu sekarang. Ini hanya Google yang memperbarui versi iPhone sehingga setara. 

Google mengatakan keempat pembaruan saat ini sedang menuju ke semua pengguna. Jadi, pantau terus patch saat tiba. Sedangkan untuk Chrome di desktop, secara resmi tidak ada yang baru. 

Namun, sebuah laporan dari The Verge mengungkapkan tempat unduhan di browser web sebenarnya mengalami beberapa perubahan. Ada animasi dering yang sekarang akan muncul menampilkan kemajuan pengunduhan. Ditambah tempat akan mencantumkan setiap file “yang Anda unduh dalam 24 jam sebelumnya” di samping opsi untuk menjeda, melanjutkan, mencoba lagi, atau membatalkan unduhan.

Tidak diketahui kapan perubahan desktop akan dirilis. Google belum mengatakan sepatah kata pun tentang itu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement