Rabu 19 Jul 2023 19:12 WIB

Ini Dia yang Baru dari Google Chrome untuk iOS

Google telah memperbarui Chrome untuk iOS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah memperbarui Chrome untuk iOS guna menambahkan dukungan membuat pintasan aplikasi web untuk situs web favorit Anda./ilustrasi
Foto: twitter
Google telah memperbarui Chrome untuk iOS guna menambahkan dukungan membuat pintasan aplikasi web untuk situs web favorit Anda./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Google telah memperbarui Chrome untuk iOS guna menambahkan dukungan membuat pintasan aplikasi web untuk situs web favorit Anda. Pintasan aplikasi web ini tampaknya berbeda dengan membuka situs web di browser Anda.

Dilansir dari Ghacks, Rabu (19/7/2023) singkatnya, aplikasi web (dan aplikasi web progresif) bertindak sebagai pintasan, seperti cara kerja bookmark di browser. Anda mengetuknya untuk membuka situs yang ditautkan ke mereka.

Baca Juga

Meskipun fungsinya serupa dengan mengunjungi situs web secara langsung melalui browser, pintasan aplikasi web mungkin lebih berguna bagi pengguna yang ingin sering mengunjungi situs web. Mereka juga berguna untuk orang yang mungkin tidak paham teknologi, misalnya, jika seseorang tidak tahu cara memasukkan URL, Anda dapat membantu mereka dengan membuat pintasan aplikasi web.

Aplikasi web yang Anda tambahkan ke layar beranda iPhone atau iPad Anda juga mendukung notifikasi. Jadi, Anda akan menerima notifikasi setiap kali situs web menerbitkan artikel baru.

Apple menambahkan dukungan untuk aplikasi web di macOS 14 Sonoma, sehingga Anda dapat menyematkan pintasan ke situs web favorit Anda ke dock, dan mereka akan menampilkan lencana pemberitahuan yang serupa dengan cara kerjanya di iOS.

Berikut ini cara menambahkan pintasan aplikasi web menggunakan Google Chrome untuk iOS.

Buka Google Chrome di iPhone Anda.

Kunjungi situs web yang Anda inginkan untuk pintasan aplikasi web.

Ketuk tombol bagikan di bilah alamat browser, ada di pojok kanan atas.

Gulir ke bawah, dan ketuk opsi yang bertuliskan “Add to home screen”.

Selanjutnya, aplikasi akan meminta Anda untuk mengedit nama situs, dan URL yang terkait dengannya. Secara otomatis mengambil favicon (logo) situs.

Catatan: Langkah-langkah di atas juga dapat digunakan dengan Chrome untuk iPadOS. Anda akan melihat pintasan baru di layar beranda dengan logo dan nama situs web (dari langkah lima), cukup ketuk untuk membuka situs web di browser web default Anda.

Unduh Google Chrome untuk iOS dan iPadOS dari App Store. Versi terbaru browser adalah 115.0.5790.84.

Sebagai catatan 9to5Mac, kemampuan untuk menambahkan aplikasi web ke layar beranda iPhone atau iPad Anda hingga saat ini hanya ada untuk Apple Safari. Fitur tambahkan ke layar utama di Chrome hanya didukung pada perangkat yang menjalankan iOS 16.4 atau iPadOS 16.4 dan yang lebih baru.

Itu adalah versi terbaru dari sistem operasi yang mendukung API baru yang diperkenalkan Apple baru-baru ini. Jadi, jika Anda memiliki iPhone atau iPad yang menjalankan iOS atau iPadOS versi lama, fitur tersebut tidak akan tersedia.

Selain itu, Chrome untuk iOS sekarang mendukung terjemahan selektif, yaitu pilih dan tekan lama teks, lalu ketuk Google Translate untuk melihat konten. Versi baru browser seluler menambahkan dukungan untuk pintasan Google Lens, yang dapat Anda ketuk di keyboard untuk mengakses kamera iPhone dan melakukan pencarian visual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement