Selasa 11 Jul 2023 14:15 WIB

Deretan Kebiasaan Buruk yang Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis, Apa Saja?

Ada kebiasaan pengguna yang membuat baterai ponsel cepat habis.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mengisi ulang baterai ponsel.
Foto: pixabay
Mengisi ulang baterai ponsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita sering kali dibuat kesal dengan baterai ponsel yang cukup sekali habis. Namun, sebenarnya hal tersebut bisa jadi dipicu oleh kebiasaan kita yang membuat baterai ponsel cepat habis. Apa sajakah kebiasaan itu? Berikut di antaranya seperti dilansir dari Gizchina, Selasa (11/7/2023).

1. Tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat menguras baterai. Jadi, sebaiknya tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan. Untuk menutup aplikasi, usap ke atas dari bagian bawah layar dan tahan jari pada aplikasi yang ingin ditutup. Lalu, seret aplikasi ke tombol "Close atau tutup".

Baca Juga

 

2. Tidak menghapus cache secara teratur

Cache adalah tempat penyimpanan sementara untuk aplikasi ponsel. Ketika cache dihapus, maka Anda menghapus semua file sementara yang dibuat oleh aplikasi. Hal ini dapat membantu mengosongkan ruang pada ponsel dan meningkatkan daya tahan baterai.

Untuk menghapus cache, buka Pengaturan > Penyimpanan > Data yang di-cache > Hapus.

 

3. Tidak menghapus instalan yang tidak dipakai.

Aplikasi yang tidak digunakan juga dapat menguras baterai. Jadi, jika Anda memiliki aplikasi yang tidak Anda gunakan, hapus instalannya. Untuk menghapus aplikasi, buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus > Copot pemasangan.

 

4. Ponsel sering dalam kondisi panas

Baterai ponsel akan lebih cepat habis jika terlalu panas. Jadi, sebaiknya jaga agar ponsel Anda tetap dingin. Hindari meninggalkan ponsel Anda di bawah sinar matahari langsung atau di lingkungan yang panas. Anda juga dapat mencoba menggunakan casing ponsel yang membantu menjaga ponsel tetap dingin.

 

5. Tidak memakai custom ROM

Jika Anda benar-benar serius untuk meningkatkan daya tahan baterai, Anda bisa mencoba menggunakan custom ROM. Ini adalah versi modifikasi Android yang dapat menawarkan kinerja dan daya tahan baterai yang lebih baik.

Ada banyak custom ROM yang tersedia untuk ponsel Xiaomi. Anda bisa menemukan daftar custom ROM untuk ponsel Anda di forum XDA Developers.

 

6. Tidak menonaktifkan animasi

Animasi yang Anda lihat di ponsel saat membuka aplikasi, beralih antar aplikasi, dan sebagainya juga dapat menguras baterai. Jadi, jika Anda ingin menghemat masa pakai baterai, Anda dapat menonaktifkan animasi.

Untuk menonaktifkan animasi, buka Pengaturan > Pengaturan tambahan > Opsi pengembang (Developer options) > Skala animasi jendela, Skala animasi transisi, dan Skala durasi animator > Atur ke 0,5x atau 0,1x.

 

7. Tidak pakai aplikasi penghemat baterai

Ada banyak aplikasi penghemat baterai yang tersedia untuk ponsel Xiaomi. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu Anda melacak penggunaan baterai, mengidentifikasi aplikasi yang menguras baterai, dan mengoptimalkan pengaturan baterai. Beberapa aplikasi penghemat baterai yang populer termasuk Greenify, Naptime, dan Doze.

 

8. Tidak mengatur factory reset

Jika telah mencoba semua tips di atas dan daya tahan baterai masih belum sesuai dengan diinginkan, Anda dapat mencoba mengatur ulang ponsel ke factory reset. Ini merupakan proses untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan bawaan dari pabriknya. Caranya buka Pengaturan > Tentang ponsel > Atur ulang > Hapus semua data (factory reset) > Atur ulang ponsel (reset phone).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement