Selasa 17 Oct 2023 15:09 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Merapat, Ini Kiat agar tidak Boros Baterai

Performa baterai ponsel Samsung bisa dimaksimalkan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa tips dasar yang perlu diingat oleh pengguna Samsung Galaxy untuk memperpanjang masa pakai dan performa baterai.
Foto: EPA-EFE/CLEMENS BILAN
Ada beberapa tips dasar yang perlu diingat oleh pengguna Samsung Galaxy untuk memperpanjang masa pakai dan performa baterai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian pengguna Samsung Galaxy mungkin pernah merasa baterai ponsel mereka lebih cepat habis, khususnya saat sedang digunakan untuk beragam aktivitas seperti bermain gim hingga menggunakan media sosial atau berkirim pesan. Kabar baiknya, ada sejumlah trik yang bisa dicoba oleh pengguna Samsung Galaxy untuk memaksimalkan performa baterai ponsel mereka.

Secara umum, ada beberapa tips dasar yang perlu diingat oleh pengguna Samsung Galaxy untuk memperpanjang masa pakai dan performa baterai. Salah satu di antaranya adalah dengan melakukan sejumlah penyesuaian pada Quick Setting Panel.

Baca Juga

Panel pengaturan cepat ini bisa diakses dengan cara menggeser layar ponsel ke bawah. Selanjutnya, nonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth bila sedang tidak digunakan.

Selain itu, aktifkan mode Battery Saver bila ingin memperpanjang masa pakai baterai di hari itu. Terapkan pula mode redup ekstra untuk menurunkan kecerahan layar agar tidak memakan banyak daya baterai. Mode ini juga sangat membantu pengguna untuk memakai ponsel di malam hari.

Hal dasar lain yang dapat dilakukan adalah melakukan pembaruan aplikasi-aplikasi yang digunakan pada ponsel. Perbarui pula sistem atau software ponsel secara berkala, seperti software antarmuka ponsel ke One IU 6.0. Pembaruan aplikasi dan sistem sering kali menghadirkan perbaikan dalam hal performa, keamanan, serta efisiensi daya baterai.

Langkah berikutnya, pengguna Samsung Galaxy bisa melakukan optimalisasi pada pengaturan display ponsel mereka. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, seperti dilansir GizChina pada Selasa (17/10/23):

1. Buka menu pengaturan (setting), pilih tampilan (display), lalu aktifkan mode gelap (dark mode). Cara ini bisa lebih menghemat konsumsi baterai ponsel.

2. Di dalam menu tampilan yang sama, nonaktifkan fitur kecerahan ekstra (extra brightness). Fitur ini bisa menguras cukup banyak daya baterai dan cenderung jarang dibutuhkan, kecuali pengguna sedang berada di bawah paparan sinar matahari yang cerah.

3. Masih di menu tampilan, aktifkan fitur kecerahan adaptif (adaptive brightness). Fitur ini emmungkinkan ponsel untuk melakukan penyesuaian kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan pencahayaan di sekitar.

4. Pada menu pengaturan layar (screen) di beberapa gawai Samsung Galaxy, pengguna bisa melakukan perubahan pada resolusi layar. Untuk menghemat daya, ganti resolusi FullHD+ (2316x1080p) menjadi WQHD+ (3088x1440p).

5. Pada menu pengaturan layar (screen), pengguna juga bisa melakukan penyesuaian refresh rate. Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah mode adaptif (dengan refresh rate hingga 120 Hz) menjadi mode standar (dengan refresh rate terbatas di 60 Hz).

6. Kembali ke menu pengaturan (setting), pilih menu kunci layar (lock screen) lalu nonaktifkan fitur "Always On Display". Bila tetap ingin menggunakan fitur ini sekaligus menghemat baterai, alternatif lainnya adalah ketuk opsi "Always On Display", lalu pilih "ketuk untuk menampilkan selama 10 detik". Dengan begitu, fitur ini bisa diaktifkan lewat ketukan layar hanya ketika dibutuhkan.

7. Pada laman yang sama, pengguna dapat mengaktifkan "auto brightness" pada fitur "Always On Display" dan atur kecerahan pada tingkat minimal.

Selain ketujuh langkah tersebut, pengguna Samsung Galaxy juga bisa melakukan penyesuaian pada sistem dan aplikasi di ponsel. Berikut ini adalah delapan penyesuaian yang bisa dilakukan:

1. Tinjau dan hapus aplikasi atau permainan yang tak lagi digunakan. Bila tak bisa dihapus, pilih opsi dinonaktifkan atau disable.

2. Di laman pengaturan (setting), pilih menu perawatan perangkat dan baterai (battery and device care), aktifkan fitur Automatic Optimization.

3. Di menu yang sama, pilih opsi baterai, lalu pilih opsi batas penggunaan latar belakang (background usage limit), kemudian aktifkan opsi "nonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai" (suspend unused apps).

4. Pada laman baterai, pilih opsi pengaturan baterai lainnya (more battery setting), lalu aktifkan opsi baterai adaptif (adaptive battery).

5. Di laman baterai, pilih opsi "performance profile" dan pilih "lightweight" untuk memperpanjang masa pakai baterai tanpa memberikan pengaruh signifikan terhadap performa ponsel.

6. Masih di laman baterai, lihap aplikasi yang paling banyak mengonsumsi daya baterai secara berlebih. Ketuk nama aplikasi tersebut, lalu pilih opsi "limit in the background".

7. Kembali ke menu pengaturan (setting), pilih menu koneksi (connections), lalu pilih Wi-Fi dan ketuk titik tiga yang muncul di kanan atas layar. Pilih "Smart Wi-Fi" dan aktifkan "Wi-Fi Power Saving Mode".

8. Kembali ke menu koneksi (connections), pilih menu "pengaturan koneksi lainnya" (more connection settings). Nonaktifkan opsi "pindai perangkat terdekat" (nearby device search) bila jarang menggunakannya, untuk menghemat baterai. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement