Senin 10 Jul 2023 20:19 WIB

Mengapa Jaringan 5G Cepat Menguras Baterai Ponsel?

Baterai ponsel Android dengan jaringan 5G cenderung lebih cepat habis.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mengisi daya baterai ponsel. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Mengisi daya baterai ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian ponsel Android mungkin merasa baterai ponsel pintar mereka lebih cepat habis dibandingkan ponsel lain. Kabar baiknya, pengaturan sederhana pada ponsel bisa membuat baterai ponsel Android menjadi lebih awet.

Menurut tes yang dilakukan oleh para pakar di Ookla, salah satu penyebab baterai ponsel Android menjadi lebih cepat habis adalah koneksi jaringan yang digunakan pada ponsel tersebut. Baterai ponsel Android dengan jaringan 5G cenderung lebih cepat habis dibandingkan ponsel Android dengan jaringan 4G.

Baca Juga

"Ponsel pintar pengguna yang mengakses jaringan 5G mengalami pengurasan baterai yang lebih tinggi dibandingkan ponsel yang menggunakan 4G-LTE, sekitar 6-11 persen," jelas Ookla melalui laman resmi mereka, seperti dilansir Mirror pada Senin (10/7/2023).

Lantas, mengapa jaringan 5G cepat menghabiskan daya? Jaringan 5G pertama kali diluncurkan pada 2020. Jaringan ini tak hanya menawarkan koneksi internet yang lebih cepat, tetapi juga mampu bekerja optimal meski ada lebih banyak perangkat yang terkoneksi dalam satu waktu. Sebagai gambaran, para pengguna jaringan 5G yang berkumpul di satu stadion bola pada waktu yang sama bisa mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan yang lebih baik dibandingkan pengguna jaringan 4G.

Akan tetapi, 5G bisa menguras baterai lebih cepat karena cara jaringan ini digunakan pada ponsel. Sering kali, ponsel menggunakan jaringan 4G untuk keperluan telepon atau berkirim pesan dan menggunakan jaringan 5G untuk mengunduh sesuatu. Perbedaan ini akan memaksa ponsel untuk terus mencoba terhubung dengan lebih dari satu jaringan pada waktu yang bersamaan.

"Karena ponsel Anda terhubung dengan beberapa jaringan di waktu yang bersamaan, baterai akan terkuras lebih cepat dan pengguna juga bisa mendapati bahwa ponsel mereka cenderung lebih hangat (saat menyalakan 5G) dibandingkan saat hanya menggunakan 3G atau LTE saja," ujar Ookla. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement