Sabtu 13 May 2023 16:20 WIB

Ini 5 Serangan Ransomware Terbesar Sepanjang Sejarah

Metode serangan 'ransomware' kini banyak digunakan para penjahat siber.

Serangan siber dalam bentuk ransomware (Foto: ilustrasi)
Foto:

3. Ryuk

Ryuk merupakan serangan ransomware berskala besar yang disebut berpusat pada sebuah organisasi besar. Pelakunya bisa meminta tebusan hingga 1 juta dolar AS per target. Selain banyak korban, beberapa perusahaan media hingga transportasi terkena dampaknya. 

 

4. Revil

Revil menjadi contoh serangan ransomware as-a-serve (RaaS) atau mirip dengan model perangkat lunak software-as-a-service (SaaS). RaaS terkenal dalam bentuk serangan yang berujung meminta uang tebusan.

Dalam kasus ini, Revil pernah menyerang bisnis makanan dan minuman global JBS, perusahaan game CD Projekt RED, dan Acer. Pada 2022, Rusia mengklaim bahwa pemerintahannya berhasil membongkar gembong Revil dan sudah memenjarakan beberapa aktor di belakangnya.

 

5. DoppelPaymer

 

RaaS dalam nama lain yang juga cukup dikenal adalah DoppelPaymer. Biasanya, serangan ransomware ini hanya menargetkan perusahaan besar dan meminta uang tebusan senilai 1 juta dolar AS. Selain pernah menyerang perusahaan ASUS, DoppelPaymer pernah menargetkan perusahaan energi raksasa ConocoPhilips.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement