Selasa 11 Apr 2023 10:44 WIB

5 Tips Memilih Smartwatch Premium

Apple dan Samsung menawarkan jam tangan pintar kaya fitur dengan berbagai harga.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada sejumlah faktor yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli smartwatch premium. Ilustrasi
Foto: Mashable
Ada sejumlah faktor yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli smartwatch premium. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jam tangan pintar (smartwatch) saat ini lebih mudah dimiliki. Produk yang dulunya dianggap sebagai barang mewah ini dan hanya terjangkau oleh kalangan tertentu saja, kini menjadi lebih terjangkau. Ragam merek seperti Apple dan Samsung menawarkan jam tangan pintar kaya fitur dengan berbagai harga.

Selain jam tangan pintar yang terjangkau, ada pula yang premium dengan menawarkan pelacakan akurat, dukungan aplikasi pihak ketiga, dan masa pakai baterai yang baik. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli jam tangan pintar premium pertama Anda, seperti dilansir dari laman Indian Express, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

 

1.Kompatibilitas OS

Kompatibilitas OS adalah salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat membeli jam tangan pintar premium. Tidak seperti jam tangan pintar murah yang dapat digunakan dengan perangkat Android dan iOS, jam tangan pintar premium dari merek seperti Apple dan Samsung hanya dapat digunakan dengan perangkat mereka sendiri.

Karenanya, bagi yang memiliki iPhone, hal terbaik untuk diperhatikan adalah mempertimbangkan Apple Watch. Demikian pula, jika memiliki perangkat Android, pengguma dapat memilih jam tangan pintar dengan WearOS, yang dapat digunakan dengan sebagian besar perangkat Android modern.

Galaxy Watch 4 adalah salah satu jam tangan pintar bertenaga WearOS terbaik dan paling terjangkau untuk dipertimbangkan pada tahun 2023. Demikian pula, Apple Watch SE Generasi ke-2, dengan harga sekitar Rp 5,6 jutaan di Amazon yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik tahun ini.

 

2. Dukungan aplikasi

Dukungan aplikasi juga harus menjadi fokus utama saat mempertimbangkan jam tangan pintar. Saat ini, jam tangan pintar dengan WearOS dan watchOS memiliki dukungan aplikasi pihak ketiga terbanyak. Karena itu, disarankan memilih jam tangan pintar yang diberdayakan oleh Apple atau WearOS bagi pengguna yang menginginkan dukungan aplikasi pihak ketiga yang diperpanjang. Konsumen dapat mempertimbangkan model seperti Samsung Galaxy Watch 5 (Rp 5,1 jutaan) atau Apple Watch Series 8 (Rp 7,2 jutaan).

 

3. Fitur kebugaran

Meskipun pengguna mendapatkan sebagian besar fitur pada penawaran kelas atas seperti Apple Watch Ultra dan Galaxy Watch 5 Pro, sebagian besar varian level awal juga menawarkan serangkaian fitur yang bagus, termasuk pengukuran detak jantung yang akurat, GPS, pengukuran saturasi oksigen SpO2, dan lainnya.

Perangkat premium arus utama seperti Apple Watch Ultra atau Galaxy Watch 5 Pro adalah pilihan yang bagus. Demikian pula, produk seperti Garmin Venu (Rp 3,2 jutaan), Garmin Forerunner 55 dan Fitbit Sense 2, juga merupakan beberapa jam tangan pintar premium pusat kebugaran terbaik.

 

4. Daya tahan baterai

Tidak seperti kebanyakan jam tangan pintar berharga murah, baterai pada jam tangan premium tidak bertahan lama. Paling tidak, jam tangan pintar premium dapat memberikan masa pakai baterai dua hari, dengan beberapa pengecualian seperti Apple Watch Ultra dan Samsung Galaxy Watch 5 Pro.

 

5. Tali yang bisa ditukar

Jam tangan pintar yang populer tidak hanya memiliki tali pihak pertama, tetapi banyak opsi pihak ketiga. Apple Watch akan dengan mudah memiliki lebih banyak opsi tali, tersedia dengan berbagai harga. Apple Watch atau Samsung Watch yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir akan memungkinkan pengguna untuk mengganti strap dengan mudah serta biaya yang lebih murah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement