Senin 13 Mar 2023 13:35 WIB

Microsoft Susul Nintendo, Absen di Electronic Expo 2023

Microsoft menyatakan akan tetap menggelar showcase XBox secara mandiri

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Microsoft mengonfirmasi tidak akan hadir dalam acara Electronic Entertainment Expo (E3) 2023. Hal itu setelah beredar kabar terkait rencana penyelenggaraan Xbox Games Showcase.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Microsoft mengonfirmasi tidak akan hadir dalam acara Electronic Entertainment Expo (E3) 2023. Hal itu setelah beredar kabar terkait rencana penyelenggaraan Xbox Games Showcase.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft mengonfirmasi tidak akan hadir dalam acara Electronic Entertainment Expo (E3) 2023. Hal itu setelah beredar kabar terkait rencana penyelenggaraan Xbox Games Showcase.

E3 digelar pada bulan Juni ini di Los Angeles Convention Center untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Microsoft tetap mendukung berlangsungnya acara tersebut. 

Namun perusahaan akan menggelar siaran langsung secara mandiri, bersamaan dengan acara E3 pada 11 Juni. Xbox mengaku tidak sabar untuk menyelenggarakan Xbox Games Showcase pada 11 Juni dan akan membagikan detail lebih lanjut.

“Kami juga menantikan untuk melakukan co-streaming acara kami sebagai bagian dari E3 Digital dan tidak akan ada di show floor E3,” kata juru bicara Xbox kepada IGN, dikutip dari Engadget, Senin (13/3/2023).

Pertanyaan tentang kehadiran Microsoft E3 2023 mulai beredar pada awal Februari. Hal itu ketika IGN melaporkan bahwa Microsoft, bersama Sony dan Nintendo, akan mundur dari E3.

Ada beberapa harapan terkait Microsoft akan tetap berada di acara tersebut. Hal itu setelah perusahaan mengumumkan akan menyiarkan pertunjukan khusus Starfield pada 11 Juni, pada hari yang sama dimulainya "Pekan Digital" E3.

Keputusan Microsoft untuk melewatkan acara E3 ini menyusul Nintendo yang telah menyatakan absen di acara tersebut, bulan lalu. Sementara itu, Sony termasuk yang belum mengonfirmasi secara resmi kehadirannya.

Absennya satu produsen konsol saja dari E3 sebenarnya dianggap merupakan pukulan telak bagi Entertainment Software Association. Pertunjukan tersebut telah kehilangan banyak daya tariknya sejak 2019, ketika ESA secara tidak sengaja membocorkan informasi kontak lebih dari 2.000 jurnalis, analis, dan pembuat konten.

Pandemi Covid dan munculnya acara kompetisi, seperti Summer Game Fest, dinilai tidak memungkinkan E3 untuk mendapatkan kembali popularitasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement