Jumat 03 Nov 2023 12:54 WIB

Siap-siap, Microsoft Segera Blokir Pengontrol Xbox yang Ilegal

Microsoft memutuskan untuk menindak aksesoris Xbox yang ilegal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Konsol  Microsoft Xbox mulai menampilkan pesan kesalahan saat tersambung ke aksesoris tanpa lisensi resmi Xbox, seperti pengontrol, headset, roda kemudi, joystick, dan lain-lain.
Foto: Public Domain Pictures
Konsol Microsoft Xbox mulai menampilkan pesan kesalahan saat tersambung ke aksesoris tanpa lisensi resmi Xbox, seperti pengontrol, headset, roda kemudi, joystick, dan lain-lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Microsoft tampaknya memutuskan untuk menindak aksesoris Xbox yang “tidak sah”. Seperti yang ditemukan oleh Windows Central, konsol  Microsoft Xbox mulai menampilkan pesan kesalahan saat tersambung ke aksesoris tanpa lisensi resmi Xbox, seperti pengontrol, headset, roda kemudi, joystick, dan lain-lain. 

Pesan tersebut menyatakan hal berikut (dari Xbox yang berbasis di Inggris Raya (UK):

Baca Juga

Aksesori yang terhubung tidak diotorisasi. Menggunakan aksesoris yang tidak sah akan membahayakan pengalaman bermain gim Anda. Oleh karena itu, aksesori yang tidak sah akan diblokir dari penggunaan pada 12 November 2023. Untuk bantuan dalam mengembaikannya, hubungi toko asalnya atau hubungi produsennya. 

Dilansir Neowin, Jumat (3/11/2023), beberapa hari yang lalu, Brook Gaming, salah satu produsen yang terkena dampak, menerbitkan pesan di media sosial X (sebelumnya Twitter), mengonfirmasi laporan pengguna tentang kesalahan 0x82d60002 "Aksesori yang terhubung tidak diotorisasi.”

Brook Gaming mengklaim pesan tersebut muncul di konsol Xbox One dan Xbox Series X|S dengan perangkat lunak versi 10.0.25398.2266 yang dirilis pada 16 Oktober 2023. Itu membuat beberapa produknya tidak dapat digunakan seluruhnya atau sebagian. 

Menurut Windows Central, Microsoft mengubah pendekatannya terhadap lisensi aksesoris nirkabel pihak ketiga untuk memungkinkan produsen mengembangkan gamepad unik, tidak hanya mengubah tampilan Pengontrol Nirkabel Xbox. Memblokir pengontrol dan periferal lain tanpa lambang resmi “Dirancang untuk Xbox” mungkin disebabkan oleh perubahan tersebut. 

Jika Anda memiliki pengontrol Xbox tidak resmi atau aksesoris “tidak sah” lainnya, membuangnya sepertinya menjadi satu-satunya pilihan. Pengontrol Nirkabel Xbox resmi dari Microsoft saat ini dijual di Microsoft Store, memungkinkan Anda mendapatkan satu dalam berbagai warna seharga 54,99 dolar AS dan menghemat lima dolar AS. 

Namun, tidak ada daftar pasti aksesoris yang akan segera dinonaktifkan, jadi Anda hanya perlu menunggu hingga 12 November dan melihat apa yang terjadi pada pengontrol, headset, atau roda kemudi Anda.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement