Sabtu 21 Jan 2023 13:13 WIB

Ini 6 Penyebab Ponsel Anda Jadi Lemot

Penyebab ponsel lemot bisa bervariasi mulai dari penyimpanan hingga koneksi internet.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penyebab ponsel lemot bisa bervariasi mulai dari penyimpanan hingga koneksi internet.(ilustrasi).
Foto: istimewa
Penyebab ponsel lemot bisa bervariasi mulai dari penyimpanan hingga koneksi internet.(ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apakah ponsel cerdas Anda jadi sangat lambat dalam performanya? Perangkat yang berjalan lambat tidak selalu menjadi salah satu tanda sudah waktunya untuk mengganti dengan ponsel baru.

“Faktor-faktor seperti ruang penyimpanan dan internet yang lambat dapat berperan dalam kecepatan ponsel cerdas Anda,” kata Thomas Reed, Direktur Mac dan seluler di Malwarebytes, seperti dikutip dari Reader's Digest, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga

Inilah penyebab umum yang menjadikan ponsel Anda lemot.

1. Ruang penyimpanan tinggal sedikit

Mengunduh dan menyimpan terlalu banyak foto, video, podcast, dan game di ponsel cerdas Anda dapat menghabiskan memori ponsel dan membebani unit pemrosesan komputer (CPU), membuatnya berjalan lambat. Jika ruang penyimpanan ponsel Anda hampir habis, coba kosongkan memori di iPhone Anda.

 

2. Koneksi Wi-Fi buruk

Jika ponsel Anda bekerja lebih lambat dari biasanya dan Anda tersambung ke Wi-Fi publik atau Wi-Fi gratis, periksa kekuatan sinyal jaringan. Sambungan Wi-Fi yang buruk dapat menyebabkan ponsel Anda lambat saat mencoba menyegarkan aplikasi dan halaman web.

 

3. Sistem operasi ponsel Anda sudah usang

Kapan terakhir kali Anda memperbarui sistem operasi ponsel Anda? Jika jawabannya adalah "tidak pernah", para ahli mengatakan Anda harus menekan tombol pembaruan.

 

4. Cache atau RAM ponsel Anda penuh

Semakin sering Anda menggunakan perangkat, kian banyak pula potongan data yang disimpan di cache dan RAM ponsel Anda dari aplikasi dan penelusuran web. Pada akhirnya, potongan-potongan kecil informasi virtual itu akan terakumulasi dan bertambah besar, menghabiskan lebih banyak ruang memori dan menyebabkan prosesor bekerja lembur. Semua faktor ini dapat memperlambat ponsel Anda.

 

5. Anda memiliki terlalu banyak aplikasi

Menyimpan aplikasi yang tidak digunakan atau tidak diperlukan lagi dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga dan memperlambat ponsel Anda. Bahkan saat menghapusnya, sisa datanya mungkin terus mengintai di perangkat jika Anda tidak mengambil langkah yang tepat.

 

6. Baterai ponsel Anda sudah tua

Pada ponsel cerdas tertentu seperti iPhone, baterai yang menua mungkin menjadi penyebab perangkat yang lamban. Baterai yang lebih tua menyebabkan sistem operasi memperlambat kinerja perangkat dan kecepatan pemrosesan. Sementara beberapa orang percaya ini terjadi untuk meyakinkan pelanggan agar membeli telepon baru, itu sebenarnya mitos baterai smartphone, menurut Reed. Ada trik tertentu untuk membantu ponsel bertahan lebih lama dengan mengurangi konsumsi daya serta melindungi baterai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement