Selasa 03 Jan 2023 17:03 WIB

Cara Mudah Tanda Tangan Dokumen di Ponsel Android

Pengguna ponsel android dapat mengelola dokumen lewat Google Drive.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bagi pengguna ponsel Android, proses memindai dokumen bisa dilakukan melalui aplikasi Google Drive.
Foto: GSM Arena
Bagi pengguna ponsel Android, proses memindai dokumen bisa dilakukan melalui aplikasi Google Drive.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Dahulu, proses memindai, membubuhkan tanda tangan, hingga membagikan dokumen harus menggunakan komputer dan printer. Saat ini, semua proses tersebut bisa dilakukan melalui ponsel pintar dalam genggaman tangan.

Bagi pengguna ponsel Android, proses memindai dokumen bisa dilakukan melalui aplikasi Google Drive. Untuk mengakses fitur ini, pilih tanda + (plus) lalu pilih Scan. Lalu, arahkan kamera ponsel ke dokumen yang ingin dipindai. Hasil pindaian tersebut bisa disimpan di dalam akun Google Drive dalam bentuk PDF.

Baca Juga

Proses membubuhkan tanda tangan pada dokumen belum bisa dilakukan melalui aplikasi Google Drive dan Google Docs tanpa bantuan plug in dari pihak ketiga. Akan tetapi, pembubuhan tanda tangan bisa dilakukan dengan fitur beta eSignature pada akun berbayar Google Workspace.

Sedangkan untuk membagikan dokumen, pengguna bisa mengakses dokumen melalui aplikasi Google Drive. Selanjutnya, sentuh titik tiga pada dokumen yang ingin dikirimkan dan pilih opsi Share. Opsi ini akan membuka jalan bagi orang lain untuk mengakses berkas atau dokumen yang tersimpan dalam Google Drive.

Cara lain untuk mengirimkan dokumen dari Google Drive adalah dengan memilih opsi Send Copy. Opsi ini dapat mengirimkan dokumen dalam bentuk PDF melalui beragam aplikasi yang terpasang di ponsel, seperti aplikasi surel atau aplikasi berpesan singkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement