Senin 02 Jan 2023 23:35 WIB

Cara Manfaatkan Aplikasi Files di Ponsel Android

Tab Browse pada Files memungkinkan pengguna mengakses folder dengan cepat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna gawai android juga memiliki opsi aplikasi pengelola berkas lain yaitu Samsung My Files.
Foto: GSM Arena
Pengguna gawai android juga memiliki opsi aplikasi pengelola berkas lain yaitu Samsung My Files.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Aplikasi pengelola berkas bawaan pada ponsel pintar iOs dan Android, Files, kini tampak semakin menjanjikan. Namun mengingat fitur ini terbilang baru, sebagian pengguna ponsel pintar mungkin masih belum mengetahui cara mengoperasikan aplikasi Files dengan optimal.

Keberadaan aplikasi bawaan ini bisa membantu pengguna ponsel untuk merapikan dan membersihkan ruang penyimpanan internal pada ponsel. Berikut ini adalah triknya, seperti dilansir Gizmodo.

Baca Juga

Ponsel Google Pixel dan beberapa gawai Android lain telah dilengkapi dengan aplikasi Files yang dikembangkan oleh Google. Tab Browse pada Files memungkinkan pengguna untuk mengakses folder Downloads, Images, Videos, hingga Apps dengan cepat. Pada opsi Apps, pengguna bisa mengklik pilihan Large apps atau Unused app untuk melihat aplikasi apa saja yang bisa dihapus dari ponsel demi menghemat ruang penyimpanan internal.

Dari tab Browse, pengguna juga dapat menggali folder penyimpanan Internal untuk melihat semua hal yang tersimpan di dalam ponsel. Pada laman ini, ada titik tiga yang muncul di setiap berkas yang memungkinkan pengguna ponsel untuk memindahkan, menyalin, mengubah nama, atau membagikan berkas tersebut.

Ada pula pilihan Move to safe folder yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan berkas mereka ke dalam folder yang dilindungi dengan pin atau pola. Folder ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai berkas sensitif hingga penting agar tak mudah diakses oleh orang lain. Untuk mengakses Safe folder, pengguna cukup mengklik tab Browse lalu pilih Safe folder.

Aplikasi Files juga menghadirkan tab Clean yang memberikan sejumlah rekomendasi berkas di dalam ponsel yang mungkin tak terlalu penting dan bisa dihapus. Sebagai contoh, berkas yang jarang digunakan, foto yang tersalin lebih dari sekali, tangkapan layar, hingga berkas berukuran besar. Periksa tiap rekomendasi berkas tersebut dengan teliti sebelum menghapusnya.

Tab ketiga pada aplikasi Files adalah Share. Tab ini bisa bersinergi dengan fitur Nearby Share pada aplikasi Android untuk mengirimkan berkas ke gawai Android terdekat lain dengan menggunakan kombinasi teknologi Bluetooth serta wifi. Untuk menggunakan fitur ini, cukup klik Send untuk mengirim berkas atau Receive untuk menerimanya.

Pengguna gawai Samsung juga memiliki opsi aplikasi pengelola berkas lain yaitu Samsung My Files. Cara memanfaatkan fitur dalam aplikasi ini tak jauh berbeda dengan Files.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement