Rabu 28 Dec 2022 17:50 WIB

10 Tanda Bencana Iklim Semakin Nyata, Hidupnya Virus Zombi Hingga Beruang Mengais Sampah

Perubahan iklim bumi yang semakin hangat mendatangkan malapetaka.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Emisi karbon
Foto:

Beruang kutub mengais makanan di tempat sampah

Akibat hilangnya habitat, beruang kutub sekarang mau tidak mau mencari makanan di tempat sampah. Dengan kehadiran es laut yang kurang stabil untuk menjaring anjing laut, binatang Arktik semakin mencari makan di tempat pembuangan sampah di tepi kota. Bahkan, banyak dari mereka yang ditembak karena semakin meningkatnya interaksi dengan manusia.

Cuaca buruk

Cuaca sudah semakin buruk berkat perubahan iklim. Berbagai penelitian telah menunjukkan tempat yang panas akan semakin panas, tempat yang lebih dingin akan semakin dingin, kekeringan dan banjir akan semakin parah, dan angin topan akan memiliki kecepatan angin lebih tinggi serta kelembapan yang lebih tinggi. Kondisi diperburuk dengan pola cuaca yang lebih dramatis dan tidak dapat diprediksi.

Populasi penguin terancam punah

Penguin kaisar kini terancam karena perubahan iklim. Sejumlah burung telah bergabung dengan jajaran spesies yang terancam punah. US Fish and Wildlife Service telah mengusulkan untuk melindungi penguin kaisar di bawah Undang-Undang Spesies yang Terancam Punah.

Spesies penguin terbesar terancam karena alasan yang sama dengan beruang kutub, yaitu kehilangan es laut. Sebanyak 70 persen dari koloni penangkaran penguin kaisar diprediksi dapat menghilang pada tahun 2050 jika es laut terus mencair dengan kecepatan saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement