Rabu 28 Dec 2022 17:50 WIB

10 Tanda Bencana Iklim Semakin Nyata, Hidupnya Virus Zombi Hingga Beruang Mengais Sampah

Perubahan iklim bumi yang semakin hangat mendatangkan malapetaka.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Emisi karbon
Foto: concurringopinions.com
Emisi karbon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perubahan iklim bumi yang semakin hangat mendatangkan malapetaka pada hewan, tumbuhan, dan manusia. Selama tahun 2022, banyak fenomena yang menandakan bahwa iklim bumi semakin tidak terkendali. Berikut daftar tanda bencana iklim semakin dekat, seperti dikutip Live Science, Rabu (28/12/2022):

Bangkitnya virus “zombie”

Baca Juga

Virus zombie dibangkitkan kembali berasal dari permafrost di Siberia. Banyak dari mikroba purba ini telah terkunci di tanah beku selama puluhan ribu tahun. Namun, sekarang, virus ini terbangun akibat pencairan Arktik. Para peneliti telah menemukan 13 virus yang bertahan, bahkan setelah berabad-abad dalam kondisi sangat beku.

Kenaikan permukaan laut yang dramatis

Para ilmuwan mengungkapkan garis pantai di sepanjang Amerika Serikat (AS) dapat meningkat rata-rata 30 sentimeter pada tahun 2050. Kenaikan permukaan laut rata-rata akan lebih besar di Pantai Timur daripada di Pantai Barat, dan kota-kota dataran rendah di Timur bisa mengalami masalah besar.

Gletser terancam menghilang

Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan dua taman nasional paling ikonik di AS, Yellowstone dan Yosemite dapat kehilangan gletsernya pada tahun 2050. Pada akhir abad ini, setengah dari tutupan es dunia bisa hilang jika manusia tidak mengurangi emisi.

Kekacauan iklim

Para ilmuwan memprediksi iklim bumi menjadi semakin kacau. Emisi gas rumah kaca yang tidak terkendali tidak hanya akan menghangatkan planet ini, tetapi membuat pola cuaca lebih tidak menentu dan tidak dapat diprediksi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement