Rabu 28 Dec 2022 06:17 WIB

10 Temuan Mesir Kuno yang Buat Takjub di 2022, Mumi Lidah Emas Hingga Tato Kuno

Banyak temuan menarik terungkap di Mesir selama tahun 2022.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Mumi dengan lidah emas.
Foto:

Burung dalam mahakarya Mesir

Para peneliti menemukan sebuah lukisan yang memperlihatkan burung-burung yang sedang terbang dan bertengger di samping rawa. Lukisan tersebut sangat detail sehingga para peneliti menggunakan salinannya untuk menyebutkan spesies yang tepat yang dilukis pada karya seni berusia 3.300 tahun itu. Para arkeolog menemukan mahakarya itu seabad yang lalu di dinding sebuah istana di ibu kota Mesir kuno, Amarna.

Pemahaman baru tentang mumifikasi

Orang Mesir kuno menggunakan praktik penguburan bukan untuk mengawetkan jenazah tetapi sebagai cara untuk membimbing mereka menuju keilahian. Pemahaman baru, yang oleh para arkeolog disebut "A complete 180", adalah fokus dari pameran yang disebut "Mumi Emas Mesir" yang dibuka pada awal 2023 di Museum Manchester Universitas Manchester, Inggris.

Makam ratu yang tidak dikenal

 

Pada peringatan 100 tahun penemuan makam Raja Tut, sekelompok arkeolog menggali makam kerajaan yang sebelumnya tidak dikenal: Ratu Neith. Penemuan itu dilakukan di Saqqara, sebuah situs arkeologi di Giza. Selain makam, para peneliti menemukan banyak peti mati dan mumi. Beberapa di antaranya milik jenderal dan penasihat terdekat Raja Tut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement