Rabu 28 Dec 2022 06:17 WIB

10 Temuan Mesir Kuno yang Buat Takjub di 2022, Mumi Lidah Emas Hingga Tato Kuno

Banyak temuan menarik terungkap di Mesir selama tahun 2022.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Mumi dengan lidah emas.
Foto:

Kuil Falcon dan pesan samar tentang kepala mendidih

Para arkeolog menemukan head scratcher yang sebenarnya setelah menemukan sebuah kuil berusia 1.700 tahun yang menampilkan 15 elang tanpa kepala di atas alas. Selain itu, mereka juga menemukan monumen batu yang menggambarkan dua dewa tak dikenal di Berenike, sebuah pelabuhan di Laut Merah.

Yang membuat mereka sangat terkejut adalah temuan prasasti dalam bahasa Yunani di salah satu ruang belakang kuil yang berbunyi, "Tidak pantas untuk merebus kepala di sini."

Potret mumi yang seperti aslinya

Saat menggali pekuburan di kota Mesir kuno Philadelphia, para arkeolog menemukan dua potret mumi lengkap serta beberapa potret orang yang tidak lengkap yang dimakamkan di kuburan.

Para peneliti menyebut kemungkinan mumi tersebut berasal dari kelas menengah atau elit. Sebab, tertera lukisan khusus yang saat itu menelan biaya mahal. Karena penjarahan, para arkeolog juga sangat jarang menemukan potret mumi. Contoh terakhir yang tercatat ditemukan pada tahun 1880-an.

Kuil yang didedikasikan untuk dewa Zeus-Kasios

Arkeolog di situs Tell el-Farama di Semenanjung Sinai menemukan sisa-sisa kuil yang didedikasikan untuk Zeus-Kasios, dewa yang merupakan persilangan antara Zeus dan dewa cuaca Kasios.

photo
Arkeolog di situs Tell el-Farama di Semenanjung Sinai menemukan sisa-sisa kuil yang didedikasikan untuk Zeus-Kasios, dewa yang merupakan persilangan antara Zeus dan dewa cuaca Kasios. - (Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities)

 

Para peneliti menemukan kuil tersebut setelah memperhatikan bagian dari dua kolom granit merah muda yang menyembul dari tanah. Mereka meyakini itu pernah menopang gerbang depan kuil dan kemungkinan besar runtuh pada zaman kuno saat terjadi gempa besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement