Selasa 20 Dec 2022 12:40 WIB

Pilih Beli Smart TV atau Set Top Box? Ini Pertimbangannya

Smart TV atau set topx diperlukan untuk menonton siaran digital.

Ilustrasi TV Digital.
Foto:

Pertimbangkan membeli televisi digital atau set top box sejak jauh hari sebelum ASO dilakukan di wilayah tempat tinggal supaya tidak kesulitan mencari barang dan mendapatkan harga terbaik.

Untuk rumah tangga yang tidak mampu membeli set top box, pemerintah dan stasiun televisi yang menjadi penyelenggara multipleksing siaran digital akan memberikan bantuan set top box gratis kepada mereka yang memenuhi syarat.

Menonton siaran digital

Setelah memasang televisi digital atau set top box sesuai petunjuk, masukkan kode pos sesuai dengan tempat tinggal. Kode pos berfungsi untuk menangkap siaran digital di wilayah tersebut sekaligus notifikasi bencana.

Pemerintah berencana melengkapi siaran digital dengan sistem peringatan bencana. Ketika terjadi bencana di suatu daerah, perangkat televisi yang berada di wilayah itu akan memuat peringatan bencana.

Selesai menyetel, biasanya akan ada pilihan DTV untuk siaran digital dan ATV untuk siaran analog pada perangkat televisi digital. Pilih DTV kemudian pada setelan (setting) pilih memindai otomatis (auto scan) supaya bisa menangkap siaran digital yang sudah tersedia di wilayah tempat tinggal.

Pada televisi analog yang sudah dipasangi set top box, pilih pencarian saluran secara otomatis untuk mendapatkan program siaran digital.

Jika wilayah tempat tinggal sudah terdapat siaran digital, maka perangkat televisi dan set top box bisa menangkap siaran itu.

Baik pada televisi digital atau set top box, lakukan pemindaian/pencarian secara berkala supaya bisa menangkap siaran yang baru pindah ke digital.

Siaran digital menawarkan kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan siaran analog. Gambar dan suara yang ditampilkan jauh lebih bersih dan jernih.

Perlu diingat, meski pun gambar dan suara jernih serta tidak terganggu cuaca, siaran digital berbeda dengan televisi kabel dan layanan streaming. Tidak ada biaya berlangganan pada siaran digital, alias gratis, seperti siaran televisi terestrial sebelumnya.

 

Dengan bersiaran digital, Indonesia akan memiliki tambahan spektrum frekuensi radio yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas telekomunikasi dan internet.

sumber : antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement