Senin 24 Jul 2023 13:42 WIB

Ubah Televisi Lama Jadi Smart TV, Coba Trik Ini

Smart TV adalah sebutan lain dari streaming TV dan perangkat yang kompatibel.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika Anda memiliki televisi yang dibuat sejak 2005, kemungkinan besar televisi tersebut memiliki port HDMI yang berarti Anda dapat menambahkan perangkat murah untuk bisa streaming./ilustrasi.
Foto: Realme
Jika Anda memiliki televisi yang dibuat sejak 2005, kemungkinan besar televisi tersebut memiliki port HDMI yang berarti Anda dapat menambahkan perangkat murah untuk bisa streaming./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila Anda punya televisi lama, jangan cemas karena sebenarnya berapa pun usia televisi Anda, masih memungkinkan untuk memodifikasinya menjadi lebih modern bahkan setara smart TV. Semua fitur yang Anda bisa nikmati tidak perlu menelan biaya besar.

Smart TV adalah sebutan lain dari streaming TV dan perangkat yang kompatibel menawarkan lusinan layanan streaming, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Baca Juga

Jika Anda memiliki televisi yang dibuat sejak 2005, kemungkinan besar televisi tersebut memiliki port HDMI yang berarti Anda dapat dengan mudah menambahkan perangkat murah untuk bisa streaming. Simak beberapa kiatnya seperti dilansir CNET, Senin (24/7/2023):

1.Roku Ekspres 4K Plus

Roku Express 4K Express menawarkan ratusan aplikasi dan mudah dipasang di port HDMI cadangan di televisi Anda. Roku adalah antarmuka smart TV yang mudah disiapkan dengan aplikasi.

 

2.Google Chromecast dengan Google TV

Google Chromecast dengan Google TV dilengkapi dengan stik streaming dan remote berkemampuan suara. Ini juga dapat digunakan untuk mengontrol perangkat pintar lainnya di rumah Anda. Antarmuka Google lebih baik daripada Roku karena menampilkan pertunjukan individu.

 

3.Streambar Roku

Kombinasi soundbar dan streamer 4K HDR, Roku's Streambar adalah cara terbaik untuk mempercantik TV dengan suara dan streaming yang lebih baik. Speaker kompak ini akan mengungguli suara di hampir semua televisi dan sangat bagus dalam meninggikan dialog yang sulit dipahami. Bahkan jika Anda tidak membutuhkan streamer (luar biasa), soundbar itu sendiri sangat bagus.

 

4.AppleTV 4K (2022)

Dengan navigasi yang lincah untuk mendukung cloud gaming, Apple TV 4K 2022 adalah pilihan terbaik bagi pengguna. Ini dilengkapi dengan fitur prosesor A15 Bionic modern, remote Siri bertenaga USB-C baru dan harga awal yang lebih rendah daripada model sebelumnya.

 

Cara menginstal perangkat streaming      

Jika Anda membeli sendiri perangkat pintar baru, ada beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan. Setiap perangkat bekerja sedikit berbeda ada beberapa petunjuk khususnya untuk Roku dan Amazon Fire TV. Jika Anda tidak menggunakan salah satunya atau menginginkan yang umum, inilah yang Anda perlukan:

1.Wi-Fi

Pertama, pastikan Anda memiliki detail Wi-Fi Anda. Anda memerlukan nama titik akses (router Anda) dan kata sandi Anda.

 

2. Aplikasi smartphone

Beberapa perangkat juga memerlukan penginstalan aplikasi untuk ponsel cerdas atau tablet Anda jadi periksalah toko aplikasi ponsel Anda. Aplikasi ini juga dapat mempermudah memasukkan detail Wi-Fi.

 

3.Temukan I HDMI cadangan

Di bagian belakang TV Anda, temukan port HDMI cadangan dan ingat nomornya. Misalnya, HDMI 1 atau 2 biasanya gratis. Namun, jika televisi Anda lebih tua dari tahun 2005, adaptor HDMI-ke-AV yang murah mungkin dapat dipesan.

 

4.Daya

Colokkan kabel daya yang disediakan dan sambungkan ke perangkat Anda. Perhatikan bahwa meskipun beberapa TV memiliki port USB, sebaiknya jangan gunakan port tersebut karena mungkin tidak menyediakan daya yang cukup untuk menjalankan perangkat streaming Anda.

 

5.Colokan

Colokkan perangkat ke port di TV Anda, alihkan TV ke input HDMI yang Anda pilih, lalu ikuti petunjuk di layar perangkat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement