Ahad 18 Jun 2023 15:34 WIB

Smart TV dan Android TV, Mending Mana?

TV Android dan Smart TV memang sangat mirip

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
TCL Hadirkan Android TV A9 dengan Kualitas Gambar Memanjakan Mata
Foto: Doc TCL
TCL Hadirkan Android TV A9 dengan Kualitas Gambar Memanjakan Mata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat ini banyak istilah untuk berbagai jenis TV muncul di pasaran di antaranya Android TV dan Smart TV. Sebenarnya apa perbedaan dari dua jenis televisi dan mana yang lebih unggul di antara keduanya?

Dilansir dari laman TCL, TV Android dan Smart TV sangat mirip sehingga Anda dapat berargumen bahwa TV Android pada dasarnya adalah Smart TV. Meski demikian, tidak semua Smart TV adalah TV Android. Masih ada beberapa perbedaan antara Smart TV dan Android TV, yang mungkin memengaruhi keputusan Anda.

Baca Juga

Smart TV, sering dikenal sebagai televisi internet, adalah televisi apa pun yang dapat mengakses program tambahan melalui internet. Ini setara dengan memiliki komputer yang tertanam di televisi Anda. Sebagian besar Smart TV memiliki aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda bermain game, menonton video, dan streaming film, termasuk Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya.

Namun, sistem operasi pada Smart TV tidak dapat ditingkatkan, sehingga Anda tidak dapat mengakses aplikasi terbaru. Faktanya, TV apa pun yang menyediakan konten online, apa pun sistem operasi yang dijalankannya, dapat dianggap sebagai smart TV. Dalam pengertian ini, TV Android memang merupakan Smart TV. 

Smart TV dan Android TV merupakan hubungan yang inklusif, sedangkan Android TV memiliki hampir semua fungsi Smart TV namun dengan sistem operasi Android yang ditenagai oleh Google. Beberapa produsen TV juga memiliki sistem operasi bawaan sendiri saat meluncurkan Smart TV. 

Meski Android TV dan Smart TV mendukung sejumlah aplikasi populer, jumlahnya berbeda. Berkat dukungan Android App Store yang berisi lebih dari 10 ribu aplikasi, menjadikan Android TV keunggulan mutlak dalam program aplikasi. Pustaka aplikasi yang cukup banyak memungkinkan pengguna Android TV untuk mengunduh dan menggunakan berbagai aplikasi, seperti halnya pada smartphone. Misalnya, semuanya mulai dari YouTube hingga Netflix, Hulu, dan Prime Video dapat digunakan di TCL Android TV.

Namun, untuk smart TV yang menjalankan sistem operasi lain, seperti Tizen OS atau WebOS, aplikasi yang didukung akan dibatasi. Hanya beberapa aplikasi bawaan terkenal yang dapat diakses melalui mereka.

Salah satu Android TV yang dimiliki TCL dan baru saja diluncurkan adalah TV seri 32T8 Android TV. Kehadiran TV ini merupakan salah satu komitmen TCL untuk terus menghadirkan inovasi teknologi terbaik kepada masyarakat Indonesia.

General Manager TCL Indonesia, Peter Chen, mengumumkan peluncuran TV Android T8 eksklusif yang hadir di TikTok pada awal Juni 2023 lalu. Keunggulannya, dapat dikendalikan dengan Google Assistant  serta kualitas gambar HD dan kontras yang nyata dengan HDR dan Micro Dimming. Tidak hanya itu, T8 memberikan pengalaman menonton imersif dengan kualitas suara yang jernih seperti kristal dengan Dolby audio. "Memiliki konektivitas lengkap seperti, Wifi 2.4 GHz, Bluetooth 5.0. HDMI, Chromecast Built-in, serta dapat dikontrol dengan suara melalui remote," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id. 

Selain itu, jutaan aplikasi dengan tontonan dan game masa kini tanpa STB (Set Top Box) siap memberikan pengalaman hiburan yang asik dan seru. Keunggulan lainnya adalah harganya yang terjangkau mulai dari 1 jutaan. "Smart TV T8 series adalah pilihan sempurna bagi mereka yang ingin memiliki pengalaman menonton," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement