Selasa 05 Mar 2024 09:43 WIB

TCL Sukses Raih 30 Penghargaan di CES 2024

Saat ini, TCL memiliki 23 pusat penelitian dan pengembangan serta enam laboratorium.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
TCL Hadirkan Android TV A9. TCL Electronics meraih 30 penghargaan prestisius di Consumer Electronics Show (CES) 2024.
Foto: TCL
TCL Hadirkan Android TV A9. TCL Electronics meraih 30 penghargaan prestisius di Consumer Electronics Show (CES) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TCL Electronics meraih 30 penghargaan prestisius di Consumer Electronics Show (CES) 2024. Jenama ini juga mendapatkan penghargaan global brand top nomor satu untuk TV 98 inci berdasarkan OMDIA. 

Didirikan pada tahun 1981, TCL telah menempuh perjalanan yang luar biasa dalam industri elektronik konsumen. Perusahaan memulai bisnisnya dengan memproduksi pita magnetik sebelum akhirnya memperluas operasinya ke produk-produk rumah tangga. 

Baca Juga

Setelah lebih dari 40 tahun beroperasi, TCL memiliki rangkaian produk yang sangat luas, mulai dari peralatan rumah tangga pintar, tampilan cerdas, hingga jaringan internet rumah. Tidak hanya produk, TCL juga membuat lapangan  pekerjaan untuk lebih dari 40.000 orang yang tersebar di berbagai benua. 

TCL juga mencatat pengiriman sebanyak lebih dari 24 juta TV pintar di tahun 2022. Selama 40 tahun beroperasi, TCL pun memiliki beberapa sub brand seperti XESS, ROWA, FALCON, HOMA, dan juga TONLY. 

Perjalanan ekspansi global dimulai pada tahun 1999 dengan masuknya TCL ke pasar Vietnam, diikuti dengan kedatangan mereka di Indonesia pada tahun 2001 dengan membawa produk-produk unggulan seperti TV, AC, dan mesin cuci. Saat ini, TCL telah berkembang pesat dan memiliki 20 pabrik yang tersebar di seluruh dunia, diperkirakan mampu memproduksi sekitar 35 juta produk setiap tahunnya. 

Sebagai komitmen terhadap konsumen untuk selalu menyediakan produk-produk unggulan dengan teknologi terkini. Menurut Wesley Yang, Marketing Manager TCL Indonesia, TCL Industri akan terus menjalin kemitraan dengan partner global maupun lokal untuk menciptakan ekosistem yang terhubung, sehingga pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan produk-produk dari TCL. 

"Perusahaan akan meningkatkan investasinya dalam research & development sehingga bisa terus menghasilkan inovasi dibidang teknologi, selain itu TCL juga secara aktif mendukung penggunaan bahan bahan yang terbaharukan dan juga ramah lingkungan,” ujar Yang, dalam siaran pers yang diterima, Selasa (6/3/2024).

TCL secara proaktif berinvestasi di bidang penelitian dan pengembangan. Saat ini, TCL memiliki 23 pusat penelitian dan pengembangan serta enam laboratorium yang tersebar di seluruh dunia. Dari laboratorium-laboratorium ini, berbagai produk terbaru TCL lahir, seperti Mini LED smart TV, QLED TV, teknologi VR/AR,AI, IoT,OS, 5G, Penyediaan server, dan produk-produk unggulan lainnya. di tahun 2023, TCL juga sudah mendaftarkan sekitar 28000 patent yang berguna untuk industri teknologi. 

TCL telah menjalin kemitraan dengan berbagai entitas global dan regional terkemuka, termasuk FIBA, NFL, CONMEBOL Libertadores, dan beberapa tim sepakbola di Amerika dan Eropa. Kolaborasi ini telah secara signifikan memperkuat pengaruh merek TCL secara global dari waktu ke waktu. Dibuktikan dengan kenaikan keuntungan oleh TCL global yang naik lebih dari 100 persen di tahun 2022 meskipun dalam kondisi pandemi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement