Selasa 20 Dec 2022 12:40 WIB

Pilih Beli Smart TV atau Set Top Box? Ini Pertimbangannya

Smart TV atau set topx diperlukan untuk menonton siaran digital.

Ilustrasi TV Digital.
Foto:

Smart TV 

Televisi pintar (smartTV) juga bisa menjadi pilihan karena bisa terhubung ke internet dan bisa dipasangi aplikasi streaming film. Jika ingin membeli smartTV, pertimbangkan juga untuk membeli merk yang sama dengan ponsel yang digunakan supaya bisa tergabung ke ekosistem merk itu.

Hal yang tidak kalah penting, sesuaikan juga harga perangkat televisi dengan kantong. Perangkat televisi digital pada umumnya dijual mulai harga Rp1,5 juta.

Pastikan juga televisi yang dibeli menggunakan teknologi DVB-T2, sistem transmisi yang digunakan di Indonesia.

Tidak memiliki televisi digital bukan berarti tidak bisa menonton siaran televisi lagi. Jika memiliki dana terbatas dan televisi di rumah masih model lama (analog), masyarakat bisa menggunakan perangkat set top box.

Set top box dipasang di antara antena dan televisi analog. Ia berfungsi mengubah sinyal digital supaya bisa ditangkap televisi analog sehingga muncul gambar dan suara.

Harga perangkat set top box jauh lebih murah dibandingkan pesawat televisi digital, mulai dari Rp 200.000. Pilih set top box yang memiliki stiker maskot siaran digital Modi, tanda bahwa perangkat itu sudah tersertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement