Selasa 20 Dec 2022 12:40 WIB

Pilih Beli Smart TV atau Set Top Box? Ini Pertimbangannya

Smart TV atau set topx diperlukan untuk menonton siaran digital.

Ilustrasi TV Digital.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi TV Digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia secara resmi memasuki era siaran digital mulai tahun 2022. Secara bertahap siaran televeisi terestrial analog di berbagai daerah dihentikan.

Saat ini memang belum semua wilayah di Indonesia mendapatkan siaran digital. Rata-rata wilayah yang bersiaran digital adalah kota besar atau daerah perbatasan, antara lain Jabodetabek, Bandung, Tanjung Pinang, Semarang, Yogyakarta, dan Batam.

Baca Juga

Cepat atau lambat, semua wilayah di Indonesia akan beralih ke siaran digital. Oleh karena itu, masyarakat memerlukan perangkat televisi digital atau set top box supaya bisa menonton siaran digital.

Sebaiknya kedua perangkat itu sudah dipasang sebelum analog switch off (ASO) supaya ketika siaran analog dihentikan, masyarakat bisa langsung menonton siaran televisi.

Kemampuan masing-masing alat untuk menangkap siaran digital bisa jadi membuat masyarakat bimbang, membeli televisi digital atau set top box?

Pemilihan set top box atau televisi digital tentu bergantung pada kebutuhan dan kemampuan setiap orang. Satu hal yang perlu dipahami bahwa siaran televisi terestrial digital adalah suatu keniscayaan. Ia bagian dari evolusi teknologi.

Setelah beralih ke siaran digital, sangat besar kemungkinannya siaran televisi tidak akan kembali ke analog. Indonesia harus beralih ke siaran digital karena saat ini siaran digital adalah default, setelan utama, penyiaran hampir di seluruh dunia.

Negara anggota International Telecommunication Union (ITU) sepakat bahwa siaran televisi harus beralih ke digital supaya spektrum frekuensi radio bisa dioptimallkan untuk keperluan lainnya di dunia telekomunikasi dan penyiaran.

Melihat kondisi itu, maka penggunaan televisi digital atau set top box adalah untuk jangka panjang.

Sebelum memutuskan membeli televisi digital atau set top box, ada baiknya mempertimbangkan usia perangkat televisi. Jika usia sudah cukup lama dan masih berupa transmisi analog, masyarakat bisa mempertimbangkan membeli televisi digital karena membawa teknologi terbaru.

Pertimbangkan juga seberapa besar intensitas menonton televisi dan fitur apa yang dibutuhkan dalam sebuah perangkat televisi. Sesuaikan juga ukuran perangkat televisi dengan luas ruangan supaya tidak mengganggu pergerakan dan penataan ruangan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement