Senin 12 Dec 2022 11:47 WIB

Demi Lindungi Privasi, Ini Cara 'Sensor' Rumah di Google Maps

Memburamkan rumah di Google Maps bersifat permanen.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Maps
Foto: Pexels
Google Maps

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google adalah bagian dari seluruh hidup kita. Kita hanya perlu membuka Google Maps untuk mencari arah. Dengan Google, kita juga bisa menjelajahi landmark kota dalam 3D, membaca dan meninggalkan ulasan restoran, menemukan waktu kedatangan transportasi umum, dan banyak lagi.

Namun ada satu fitur dalam Google Maps yang dapat dengan cepat menjadi masalah privasi yang nyata. Jika Anda pernah menggunakan Street View, Anda tahu bahwa Anda dapat memasukkan alamat apa pun ke Google Maps dan melihat gambar terkini dari apa yang ada di sana, apakah itu bisnis atau tempat tinggal.

Baca Juga

Meskipun berguna untuk mengetahui seperti apa sebuah bangunan saat Anda mendapatkan petunjuk arah ke sana, itu memudahkan penguntit atau penjahat untuk merencanakan jalan mereka ke dalam rumah Anda.

Mereka dapat dengan mudah memeriksa rumah Anda secara online. Pencuri mungkin saja menemukan jendela yang memungkinkan untuk dicongkel. Siapa pun dapat melakukannya secara langsung. Namun, Google Maps membuatnya lebih mudah karena Anda dapat mematai-matai rumah seseorang dari kenyamanan ponsel atau komputer Anda.

Untungnya, ada cara mudah untuk memburamkan rumah Anda di Google Maps dan membantu mencegah orang lain melihat terlalu banyak detail tempat tinggal Anda.

Dilansir dari CNET, Senin (12/12/2022), berikut ini adalah cara mengaburkan rumah Anda di Google Maps:

Anda harus melakukannya di komputer, karena fitur pengaburan tidak tersedia di aplikasi Google Maps di iOS atau Android. Meskipun dapat diakses melalui browser web di perangkat seluler, ini agak sulit untuk digunakan. Jadi gunakan browser web terpercaya di Mac atau PC Anda.

Di maps.google.com, masukkan alamat rumah Anda di bilah pencarian di kanan atas, tekan kembali, lalu klik foto rumah Anda yang muncul. Selanjutnya, Anda akan melihat Street View dari lokasi Anda. Klik Report a Problem di kanan bawah. Teksnya sangat kecil, tetapi ada di sana.

Sekarang, Anda bisa memilih apa yang ingin diburamkan oleh Google. Gunakan kursor Anda untuk bergerak dan tombol plus dan minus untuk memperbesar dan memperkecil.

Setelah Anda selesai menyesuaikan gambar, pilih apa yang ingin Anda buramkan di bawahnya, yaitu a face (wajah), my home (rumah saya), my car/license (plat nomor/mobil saya), dan a different object (objek yang berbeda).

Anda akan diminta untuk memberikan sedikit lebih banyak detail tentang apa yang sebenarnya ingin Anda buramkan, seandainya gambar tersebut tampak riuh dengan  gambar mobil, orang, dan objek lainnya. Juga, pastikan sepenuhnya bahwa apa yang Anda pilih adalah apa yang ingin Anda buramkan.

Google menyebutkan setelah Anda memburamkan sesuatu di Street View, objek itu akan menjadi buram secara permanen. Terakhir, masukkan email Anda (ini wajib diisi), verifikasi captcha (jika perlu) dan klik Submit.

Anda kemudian akan menerima email dari Google yang menyatakan akan meninjau laporan Anda dan menghubungi Anda kembali setelah permintaan ditolak atau disetujui. Anda mungkin menerima lebih banyak email dari Google yang meminta informasi lebih lanjut terkait permintaan Anda. Google tidak menawarkan informasi apa pun tentang berapa lama permintaan Anda akan diproses, jadi pantau terus email selanjutnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement