Rabu 02 Nov 2022 14:51 WIB

Selamat Tinggal Google Hangouts

Google menghapus aplikasi Hangouts Chat untuk Android dan iOS pada Juli.

Google Chat yang menggantikan Google Hangouts. Selamat Tinggal Google Hangouts
Foto: Wikipedia
Google Chat yang menggantikan Google Hangouts. Selamat Tinggal Google Hangouts

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google mengumumkan menutup aplikasi obrolan teks, video, dan suara yang terpasang di Gmail, Google Hangouts. Setelah mengizinkan pengguna untuk pindah ke Chat pada 2021, Google menghapus aplikasi Hangouts Chat untuk Android dan iOS pada Juli.

Pengguna diperlihatkan pada pemberitahuan “Hangouts telah digantikan oleh Google Chat.” Seperti yang dicatat oleh TechCrunch, versi terakhir dari layanan perpesanan, Hangouts untuk web sekarang juga akan ditiadakan untuk selamanya.

Baca Juga

Saat pengguna mengakses situs web Hangouts, mereka mungkin melihat pesan yang tertulis “Mulai 1 November 2022, Hangouts di web akan dialihkan ke Chat di web. Sebaiknya pindah ke Chat sekarang.” Saat ini, pengguna masih dapat mengakses situs web tanpa dialihkan secara otomatis.

Namun, ada tautan ke Google Chat yang dapat diklik untuk memuat pengalaman perpesanan baru. Dalam beberapa hari mendatang, situs web mungkin akan hilang selamanya.

Dilansir Engadget, Rabu (2/11/2022), Chat dulunya merupakan salah satu penawaran bisnis Google sebelum perusahaan mengubah strategi pengiriman pesannya dan membuatnya tersedia untuk semua orang. Perusahaan mengatakan Chat membuka cara baru dan lebih baik untuk berkolaborasi dengan fitur yang tidak tersedia di Hangouts.

Pengguna dapat mengedit Dokumen, Slide, atau Spreadsheet secara berdampingan dalam Chat. Tim di tempat kerja atau grup teman juga dapat mengerjakan dokumen dan mengelola tugas menggunakan Spaces yang merupakan tempat khusus yang dapat mereka gunakan untuk kolaborasi berbasis topik. Karena Gmail menampilkan integrasi Chat, pengguna dapat dengan mudah mengakses percakapan tanpa harus membuka situs web Chat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement