Senin 28 Aug 2023 08:33 WIB

Google Chat, Ini Cara Pakai yang Mudah

Google Chat menawarkan fitur yang memudahkan untuk berkomunikasi dengan pihak lain.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google Chat adalah platform perpesanan yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan pengguna berkomunikasi satu sama lain melalui pesan langsung dan ruang obrolan.
Foto: Wikipedia
Google Chat adalah platform perpesanan yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan pengguna berkomunikasi satu sama lain melalui pesan langsung dan ruang obrolan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Google Chat adalah platform perpesanan yang dikembangkan oleh Google, yang memungkinkan pengguna berkomunikasi satu sama lain melalui pesan langsung dan ruang obrolan. Ini menawarkan serangkaian fitur yang memudahkan dan nyaman untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan kolega. Kini kita akan menjelajahi beberapa fitur utama Google Chat, dilansir Gizchina, Senin (28/8/2023).

1. Smart compose

Baca Juga

Smart compose adalah fitur yang membantu pengguna dengan cepat membuat respons di Chat dengan menawarkan saran kontekstual yang membantu mengurangi kesalahan ejaan dan tata bahasa. Saat Anda mulai mengetik di Chat dan sebuah saran muncul, cukup tekan tab untuk menerimanya. Fitur ini tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, dan Portugis untuk semua pengguna web Chat.

 

2. Edit and delete messages

Google Chat memungkinkan pengguna mengedit dan menghapus pesan mereka. Fitur ini sangat berguna jika Anda secara tidak sengaja mengirim pesan dengan kesalahan ketik atau informasi yang salah.

Untuk mengedit pesan, cukup arahkan kursor ke pesan tersebut dan klik tiga titik yang muncul. Kemudian pilih “Edit message” dan buat perubahan Anda. Untuk menghapus pesan, arahkan kursor ke pesan tersebut dan klik tiga titik, lalu pilih “Delete message”.

 

3. RCS chats

RCS (Rich Communication Services) chats memberikan pengalaman perpesanan yang lebih kaya dan ditingkatkan. Fitur ini menunjukkan kepada Anda saat seseorang sedang mengetik, menawarkan tanda terima telah dibaca, yang menunjukkan saat seorang telah membaca atau menerima pesan Anda, dan memungkinkan Anda berbagi file dan foto beresolusi tinggi.

Saat Anda menggunakan RCS chats, pesan Anda dikirim dengan protokol RCS melalui Wi-Fi dan data seluler. RCS chats hanya akan diaktifkan jika semua peserta percakapan memiliki RCS.

 

4. Direct messages dan chat spaces

Google Chat mendukung kolaborasi tim dengan menyediakan direct messages antar pengguna dan percakapan threads dalam ruang. Chat spaces memungkinkan Anda mendedikasikan ruang diskusi per proyek, per tim, atau basis lainnya. Aplikasi chat dapat berpartisipasi dalam ruang atau merespons direct messages.

 

5. Typing indicators dan smart replies

Google Chat juga menawarkan typing indicators, yang muncul dalam bentuk titik kecil di sisi kiri bawah jendela obrolan, memberi tahu Anda bahwa orang lain sedang mengetik sesuatu untuk dikirimkan kepada Anda. Smart replies adalah fitur lain yang menyarankan respons cepat terhadap pesan, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Saran Google Assistant juga dapat digunakan untuk tindakan tertentu seperti melampirkan foto atau membagikan lokasi Anda.

 

6. Notifications dan pinch to zoom

Google Chat menyertakan sejumlah fitur praktis seperti notification and pinch to zoom. Notifications dapat disesuaikan sesuai preferensi Anda, sementara pinch to zoom memungkinkan Anda memperbesar gambar dan video di obrolan Anda.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement