Rabu 08 Dec 2021 21:37 WIB

Google Chat Kini Bisa Gunakan Panggilan Audia dan Video

Google Chat bisa digunakan untuk panggilan audio dan video di aplikasi Gmail.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Google Chat bisa digunakan untuk panggilan audio dan video di aplikasi Gmail.
Foto: EPA-EFE/EVERT ELZINGA
Google Chat bisa digunakan untuk panggilan audio dan video di aplikasi Gmail.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bertahun-tahun, Google bertekad untuk menyebarkan penggunanya di banyak platform komunikasi, seperti Hangouts, Allo, Duo, dan Google Plus. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, Google mengetahui orang-orang tidak ingin beralih dengan banyak aplikasi untuk berkomunikasi.

Oleh karena itu, proses penggabungan dimulai pada pekan ini. Google meluncurkan panggilan audio dan video untuk Google Chat di aplikasi Gmail bagi pengguna iOS dan Android.

Baca Juga

Anda dapat bergabung ke panggilan audio dari chat pribadi di Google Chat pada aplikasi Gmail. Fitur ini hanya tersedia untuk obrolan satu lawan satu. Jadi, Anda tidak bisa memanfaatkan fitur dalam percakapan grup. Apabila Anda ingin memulai panggilan audio atau video, caranya sangat sederhana. Anda cukup membuka obrolan satu lawan satu dan ketuk ikon telepon atau ikon video di sudut kanan atas.

Jika Anda ingin bergabung dengan panggilan orang lain, Anda akan melihat opsi untuk melakukannya dalam obrolan pribadi dengan mereka. Setelah Anda bergabung dengan panggilan, Anda akan melihat kotak di bagian atas layar dengan nama orang yang Anda ajak bicara dan durasi panggilan. Anda juga akan melihat ikon Meet di daftar chat.

Jika Anda melewatkan panggilan, Anda akan melihat ikon telepon atau video berwarna merah di sebelah nama pemanggil. Ini adalah tambahan sederhana yang mengubah aplikasi Gmail menjadi toko serba ada untuk semua kebutuhan Google Chat.

Menurut tim Gmail, ada sejumlah alasan nda mungkin ingin menggunakan fitur ini.

“Fitur ini akan memungkinkan Anda beralih dengan mulus antara obrolan ke panggilan video atau audio saat dibutuhkan, membantu Anda berkolaborasi dan memperlancar pekerjaan Anda,” kata tim Gmail, dilansir BGR, Rabu (8/12).

Detail lebih lanjut tentang fitur baru

Jika Anda sering menggunakan Google Chat untuk bekerja atau hanya untuk berbicara dengan teman, Anda akan lebih sering menggunakan aplikasi Gmail. Mulai sekarang, jika Anda memilih opsi “Bergabung dengan panggilan” dari aplikasi Google Chat, Anda akan secara otomatis dialihkan ke aplikasi Gmail. Jika Anda tidak memiliki aplikasi Gmail, ponsel Anda akan meminta Anda untuk mengunduhnya dari Google Play atau App Store.

Google mengatakan fitur ini akan tersedia secara default di perangkat Android dan iOS. Anda dan orang yang ingin Anda telepon harus menginstal aplikasi Gmail versi terbaru.

Seperti banyak fitur baru dari Google, peluncurannya akan dilakukan secara bertahap. Google mulai peluncuran pembaruan yang diperpanjang pada 6 Desember. Ini bisa memakan waktu 15 hari atau lebih sebelum fitur tersebut benar-benar muncul di ponsel Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement