Jumat 21 Oct 2022 07:30 WIB

Sudah Lama Beroperasi, Teleskop James Webb Dianggap Masih Cukup Baik

Teleskop James Webb masih menunjukkan kinerja yang cukup baik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Perbandingan teleskop Hubble dan James Webb.
Foto: nasa
Perbandingan teleskop Hubble dan James Webb.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) bekerja keras meskipun ada kesalahan instrumen yang sedang berlangsung dan serangan mikrometeroid kecil yang terus berlanjut. Webb telah berada di luar angkasa selama hampir 10 bulan dan telah mengumpulkan pengamatan sains sejak Juli.

Bahkan pada awal masa jabatan observatorium, itu sudah menawarkan para ilmuwan pandangan baru tentang alam semesta dan berkinerja lebih baik dari yang diharapkan. Dan pekerjaan itu terus berlanjut meskipun ada roda yang rewel dan gerimis dari tabrakan-tabrakan dari batuan luar angkasa kecil.

Baca Juga

“Kami tahu kami akan mendapatkan hit mikrometeoroid sepanjang misi,” Eric Smith, ilmuwan proyek Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk JWST, saat presentasi kepada Komite Penasihat Astrofisika NASA, dilansir dari Space, Jumat (21/10/2022). 

“Kami mengharapkan ini, kami melihatnya dan kami masih dalam kondisi yang baik," lanjut Smith.

Webb sangat rentan terhadap dampak seperti itu, kata Smith. Berbeda dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble, misalnya, cermin utama JWST tidak ditempatkan dalam tabung yang dilindungi. Sebaliknya, itu terkena ruang dan membentang di 21 kaki (6,5 meter), yang Smith dibandingkan dengan sarung tangan penangkap terhadap observatorium yang lebih terlindungi.

Pada titik ini, JWST telah mengalami total 33 peristiwa mikrometeoroid, menurut slide Smith. Tapi yang paling merusak datang sebelum JWST memulai observasi sains; pada akhir Mei, sebuah mikrometeroid yang sangat besar menghantam cermin observatorium, meninggalkan bekasnya pada satu segi enam emas. Tim memperkirakan bahwa pemogokan sebesar itu akan terjadi sekitar setahun sekali, kata Smith.

“Jadi kami mendapatkannya pada bulan kelima,” katanya.

“Kami belum melihat yang lain, jadi masih konsisten dengan statistik yang kami harapkan,” tambahnya.

Smith mencatat bahwa, pada tingkat dampak saat ini, Webb masih akan memenuhi persyaratan kinerja lima tahun 10 tahun ke dalam misi. Para ilmuwan memperkirakan bahwa observatorium memiliki bahan bakar yang cukup untuk beroperasi selama 20 tahun.

Meskipun tim tidak terlalu khawatir tentang dampaknya, para ilmuwan sedang mempertimbangkan untuk mengoordinasikan pengamatan sehingga cermin tidak menghadap langsung ke arah perjalanan observatorium untuk mengurangi dampak mikrometeoroid, seperti berpaling dari embusan angin yang sangat kencang. Namun, langkah ini akan memperumit proses yang sudah rumit untuk menyusun jadwal pengamatan JWST.

“Itu tidak berubah, sungguh, apakah target terlihat; itu hanya berubah ketika terlihat,” kata Smith.

Sementara itu, tim juga sedang menangani kesalahan pada Mid -Infrared Instrument (MIRI) observatorium tersebut. Instrumen berisi roda kisi untuk fokus pada panjang gelombang cahaya tertentu saat melakukan spektroskopi resolusi menengah, salah satu dari empat mode pengamatan MIRI. Anggota tim JWST mencatat gesekan pada roda pada akhir Agustus dan menghentikan spektroskopi resolusi menengah untuk menyelidiki masalah tersebut.

Tim sekarang bekerja untuk memahami penyebab masalah tersebut, kemudian akan mengembangkan rencana tanggapan untuk disetujui oleh dewan peninjau anomali yang diadakan NASA untuk insiden tersebut.

“Begitu mereka yakin mereka mengerti mengapa mereka mengukur peningkatan gesekan ini, mereka akan mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya,” kata Smith.

“Namun, mereka mengantisipasi pemulihan ini,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement