Senin 12 Sep 2022 15:36 WIB

Segel Bocor Diganti, Roket Artemis 1 NASA Siap Terbang

NASA sudah menyelesaikan penggantian segel roket Artemis 1.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
NASA sudah menyelesaikan penggantian segel roket Artemis 1.
Foto: AP/Brynn Anderson
NASA sudah menyelesaikan penggantian segel roket Artemis 1.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Insinyur Badan Antariksa Amerika (NASA) mengganti segel bocor pada dua saluran bahan bakar roket bulan Artemis 1 selama akhir pekan. Mereka menyiapkan panggung untuk tes pengisian bahan bakar untuk melihat apakah perbaikan berhasil.

"Insinyur yang mengerjakan bagian ekor megaroket besar Artemis 1 Space Launch System (SLS) menyelesaikan penggantian segel pada Jumat (9/9/2022)," kata pejabat NASA dalam sebuah pembaruan, dilansir dari Space, Senin (12/9/2022)

Baca Juga

Pekerjaan perbaikan ditujukan untuk menyumbat kebocoran bahan bakar hidrogen di jalur delapan inci yang mengarah ke tahap inti roket SLS 32 lantai. Kebocoran itu memaksa NASA untuk membatalkan upaya peluncuran Artemis 1 pada 3 September, uji terbang tanpa awak pertama dari program Artemis yang bertujuan untuk mengembalikan astronaut ke bulan.

Saat mengganti segel itu, para insinyur juga mengganti segel pada “garis berdarah” atau “bleed line” hidrogen empat inci yang lebih kecil. Mereka juga melihat kebocoran dalam percobaan peluncuran 29 Agustus lalu.

Dengan pekerjaan perbaikan yang selesai, NASA sekarang sedang mempersiapkan tes pengisian bahan bakar untuk memeriksa apakah kebocoran hidrogen roket SLS benar-benar diperbaiki. Tes itu bisa dilakukan paling cepat Sabtu (17/9/2022) dan akan mengisi roket setinggi 322 kaki (98 meter) dengan 736.000 galon hidrogen cair dan oksigen cair yang dibutuhkan untuk peluncuran, kata NASA.

“Demonstrasi ini akan memungkinkan para insinyur untuk memeriksa segel baru di bawah kondisi kriogenik, atau superdingin, seperti yang diharapkan pada hari peluncuran dan sebelum melanjutkan ke upaya peluncuran berikutnya,” tulis NASA dalam pembaruan pada Jumat (9/9/2022)

Pada Kamis (8/9/2022), pejabat NASA mengatakan pihaknya menargetkan 23 September untuk upaya peluncuran Artemis 1 berikutnya. Tanggal 27 September juga tersedia. Kedua peluang peluncuran bergantung pada NASA yang memperbaiki kebocoran bahan bakar dan roket SLS yang lulus uji pengisian bahan bakar, kata badan tersebut.

NASA juga perlu mendapatkan pengabaian dari Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat (AS) sehingga tidak perlu mengembalikan SLS ke Gedung Perakitan Kendaraannya untuk uji standar sistem penghentian penerbangan roket, sebuah sistem dirancang untuk menghancurkan roket jika menyimpang dari jalur selama meluncurkan.

Tes pengisian bahan bakar yang akan datang akan memungkinkan NASA untuk melakukan apa yang disebut "uji coba awal" pada empat mesin utama roket SLS. Tes itu dirancang untuk mendinginkan mesin hingga suhu minus 420 derajat Fahrenheit (minus 251 derajat Celcius) untuk mempersiapkan mereka untuk propelan super-dingin mereka. Agensi tidak dapat melakukan tes itu selama dua upaya peluncuran Artemis 1 pertama.

“Tim akan mengonfirmasi kebocoran telah diperbaiki dan juga melakukan uji pra-tekanan, yang akan memvalidasi darat dan sistem perangkat keras dan perangkat lunak penerbangan dapat melakukan fungsi yang diperlukan untuk mengondisikan mesin untuk penerbangan secara termal,” tulis pejabat NASA dalam pembaruan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement