Rabu 17 Aug 2022 07:59 WIB

Penguin Afrika Kian Terancam Punah, Terusik Kebisingan Pengisian Bahan Bakar Kapal di Laut

Kebisingan aktivitas pengisian bahan bakar kapal di laut ganggu penguin afrika.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Penguin afrika. Hewan terancam punah ini terusik oleh meningkatnya tingkat kebisingan dari kegiatan bunkering lepas pantai.
Foto:

Seorang pejabat SAMSA mengatakan, moratorium izin baru yang berlaku sejak Agustus 2019 hanya akan dicabut setelah penilaian dampak lingkungan diselesaikan oleh otoritas pelabuhan. Penilaian diharapkan berlangsung tahun depan.

Studi Nelson Mandela University menggunakan data alat identifikasi kapal untuk memperkirakan kebisingan bawah air dari kapal sebagai proxy untuk kebisingan ambien bawah air di daerah tersebut. Pada 2019, penguin yang terlumuri minyak ditemukan di Teluk Algoa setelah tumpahan minyak dari bunker kapal ke kapal dan para konservasionis menyerukan agar bunkering dilarang di teluk.

Pichegru mengatakan, penguin di pulau St Croix sudah berjuang untuk berkembang biak karena berbagai tantangan. Salah satunya dari industri penangkapan ikan yang membuat mangsa penguin semakin langka.

"Bunkering tidak membunuh semua penguin, itu hanya hal yang membuat seluruh ekologi terbalik dan kemudian penguin tidak bisa mengatasinya," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement